Nasional

Polresta Sidoarjo Raih “Awarding Top 99” Berkat Inovasi SKCK Online

  

SIDOARJO – HKNews.info : Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Zain Dwi Nugroho patut berbangga, setelah jajarannya berhasil meraih penghargaan bergengsi berupa Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019.

Penghargaan diserah-terimakan dalam acara Awarding Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019, dengan tema “Untuk Indonesia Maju”, di Ballroom Hotel Gumaya Tower, Semarang, Jawa Tengah, Kamis malam (18/7), oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Inovasi pelayanan publik itu berupa SKCK Online dan SKCK Keliling Online. Melalui permohonan penerbitan SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) secara online, masyarakat kian dipermudah dalam mekanisme pengurusannya. Birokrasi dapat dipangkas, sehingga waktu yang dibutuhkan lebih singkat 10 menit, pelayanan lebih mudah karena memakai sistem berbasis IT, menggunakan layanan website dan mobile.

Pembayarannya pun secara “non tunai” bekerja sama dengan lembaga perbankkan, sehingga menghilangkan kemungkinan terjadinya pungutan liar alias pungli. Sentra pelayanannya tersebar di polsek – polsek hingga di Mall Pelayanan Publik dan Pelayanan Publik Terpadu. Tak heran bila Polresta Sidoarjo kembali meraih penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019.

“Diterimanya kembali penghargaan ini sebagai bukti kepercayaan dan dukungan masyarakat kepada kami di Polresta Sidoarjo, sehingga semakin memacu kami untuk terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan publik,” kata Kombes Pol Zain Dwi Nugroho,  lulusan Akpol 1997, seraya berterima kasih atas dukungan dan apresiasi masyarakat terhadap inovasi pelayanan publik ini.

Pelayanan ini di dukung mobil operasional SKCK Keliling Online yg dapat menjangkau masyarakat di pelosok pedesaan maupun titik-titik keramaian di berbagai wilayah Kabupaten Sidoarjo. Data base catatan kriminal juga sudah terhubung dan terintegrasi dengan Pengadilan Negeri setempat sehingga datanya lebih akurat. Tingkat kepuasan masyarakat yang dilayani juga dapat di ketahui secara realtime melalui Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) online yang ada.

Melalui berbagai terobosan tersebut, Polresta Sidoarjo layak mendapatkan kembali penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 setelah pada tahun sebelumnya 2018 di Surabaya juga menerima penghargaan yang sama. Keberhasilan ini tidak mudah di raih karena harus bersaing dg 3.156 layanan publik yang mendaftar dan diseleksi oleh Tim Panel Independen yang di ketuai oleh Prof Dr JB Kristiadi.

Awarding Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2019 tersebut, diserahkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Syafruddin kepada Wakapolda Jawa Timur Brigjen Pol. Toni Harmanto, dengan disaksikan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Selain SKCK Online dan SKCK Keliling Online, Polres Banyuwangi Polda Jatim juga berhasil meraih penghargaan yang sama melalui BARISAN SIAP. (had)

Related Articles

Back to top button