Jateng Raya

Peringati May Day “Buruh Bicara” dengan Forkompinda

SEMARANG – HKNews.info – Peringati Hari Buruh Internasional (Mayday) Elemen buruh di Kota Semarang gelar aksinya dengan tatap muka dan duduk bersama Forkompinda Kota Semarang, di Balaikota Semarang Jl. Pemuda No 148, Sabtu (1/5/2021).

Dalam kegiatan tersebut Kapolda Jateng memberikan bingkisan berupa paket sembako sebanyak 1000 paket kepada perwakilan buruh tiap federasi, yang diberikan langsung oleh Direktur Intelkam Polda Jateng Kombes Pol Jati Wiyoto Abadi sebagai wujud kepedulian Kapolda Jateng terhadap buruh.

Nampak hadir, Walikota Semarang, Ketua DPRD Kota Semarang, Dir. Krimsus Polda Jateng, Dir. Binmas Polda Jateng, Kabagsumda Polrestabes Semarang dan Dandim 0733/Semarang.

Pada kesempatan itu Dir. Krimsus Polda Jateng Kombes Johanson Simamora, bahwa Polda Jateng memberikan kado Desk Ketenagakerjaan untuk para buruh dalam memperingati May Day atau Hari Buruh Internasional. Kado tersebut disampaikannya saat menghadiri acara “Buruh Bicara” di Balai Kota Semarang.

Lanjut Johanson, pembentukan Desk Ketenagakerjaan ini, merupakan hasil tindak lanjut dari keinginan para buruh di Jateng, dalam upaya penyelesaian setiap masalah yang menimpa buruh.

“Polda Jateng merespon tuntutan dan keinginan para buruh dengan membentuk Desk Ketenagakerjaan. Tadi malam saya menerima surat perintah langsung dari Bapak Kapolda untuk segera membentuk Desk Ketenagakerjaan. Semoga ini menjadi solusi setiap permasalahan yang menimpa rekan-rekan buruh,” kata Johanson.

Selain desk ketenagakerjaan, Johanson menambahkan, Polda Jateng mengucapkan terima kasih karena para buruh, tidak melakukan aksi unjuk rasa turun ke jalan yang dapat memicu penularan Covid-19.

“Ini bentuk kepedulian kami untuk buruh yang mau bersinergi untuk menggelar kegiatan produktif di May Day. Aksi demo tidak kami ijinkan karena masih pandemi yang dapat memicu penularan Covid,” imbuh Direktur Intelkam Polda Jateng Kombes Jati Wiyoto Abadi.

Sementara itu, Walikota Semarang Hendar Prihadi, S.E., mengucapkan terimakasih kepada Pejabat dan Buruh yang hadir dalam acara ini, bahkan Buruh hari ini lebih cerdas kerena bersedia untuk mengikuti kegiatan ini.

Menanggapi isu yang beredar, kata Hendar, bahwa angka pengangguran sangat tinggi naik 5%, ia sedang mencoba agar investor berani melakukan investasi di Semarang untuk mengurangi angka pengangguran ini.

“Kami mencoba membantu buruh untuk kebutuhan lainnya dengan menyediakan 100 Vaksinasi gratis. Kami juga sedang meloby investor untuk mereka berani melakukan investasi di Kota Semarang, agar dapat mengurangi pengangguran di Semarang,” tandasnya.

Menurut Nanang Setyono, S.H., salah satu penanggung Jawahb Elemen buruh dari Aliansi Gerakan Buruh Berjuang (GERBANG) Kota Semarang, mengatakan, aksi Mayday yang dilakukan oleh rekan-rekan buruh ini memang berbeda dengan tahun lalu.

“Dalam aksi kali ini, kami hanya melakukan tatap muka saja bersama Forkompimda dalam menyampaikan aspirasi kami ini,” kata Nanang.

Lanjut Nanang, ia mengucapkan terimakasih, karena Mayday tahun ini sangat keren, karena perwakilan buruh mendapat hadiah dari Pemkot Semarang berupa vaksinasi, dan juga paket Sembako dari Kapolda Jateng.

Ia juga berharap dalam acara produktif dan kreatif ini, dapat menjadi media teman-teman buruh untuk menyampaikan aspirasi.

“Sekali lagi kami ucapkan terimakasih kepada Walikota, Polda Jawa Tengah dan Polrestabes Semarang, karena telah memfasilitasi acara ini, sehingga bisa terealisasi dengan baik,” pungkas Nanang.(had).

Related Articles

Back to top button