Jateng Raya

Evakuasi Warga Terdampak Banjir di Semarang, Direktorat Samapta Polda Jateng Terjunkan 80 Personil

SEMARANG – HKNews.info : Kota Semarang yang identik dengan “Semarang kaline banjir” masih layak untuk disematkan pada Kota Lunpia ini. Setelah seharian diguyur hujan mulai Jumat malam (5/2/2021) hingga Sabtu siang, (6/2/2021) menyebabkan Kota Semarang dilanda banjir dimana – mana dengan ketinggian air bervariasi dibeberapa wilayah.

Pantauan awak media dibeberapa lokasi hampir merata Kota Semarang mengalami banjir terutama diwilayah Semarang bawah. Disebelah barat wilayah Mangkang jalur pantura yang menghubungkan Semarang – Kendal ketinggian air sekitar 50 cm hingga menyebabkan tersendatnya lalulintas dari dan ke Semarang.
Wilayah timur, Genuk Kaligawe yang menghubungkan Semarang – Demak ketinggian air juga tak jauh berbeda kondisinya.

Tak berbeda dengan wilayah Timur perbatasan Semarang – Mranggen, air menggenang cukup tinggi hingga meluber masuk menggenangi perumahan Pucanggading.

Guna membantu masyarakat serta pengguna jalan yang terjebak banjir, Dirsamapta Polda Jateng Kombes Pol. Djoko Susilo, S.I.K., SH., didampingi Kasubbid Dalmas AKBP Didik Priyo Sambodo, dan jajaran perwira utama AKBP I Nyoman Kompin dan AKBP Yudi Putranto terjun langsung membantu masyarakat terdampak banjir di wilayah Mangkang dan Genuk Kota Semarang, Sabtu (6/2/2021) pagi.

Dengan didukung sekitar 80 personil diterjunkan ke beberapa wilayah yang terdampak banjir, Dirsamapta Polda Jateng mengatur anggotanya dengan perlengkapan dan peralatan evakuasi antara lain perahu karet serta peralatan penyelamatan lainnya.

Tingginya Curah hujan pada Jumat dini hari hingga Sabtu pagi, (6/2/2021) tak ayal membuat wilayah Semarang bagian Barat ini juga tergenang banjir. Salah satunya di Kelurahan wonosari RW 2 – 7 serta Mangkang Wetan dan Mangunharjo turut tergenang banjir.

Banjir kali ini bisa di bilang sangat cepat, hanya hitungan menit permukiman warga Mangkang pun terendam air selutut orang dewasa. Terlihat sebagian besar warga pun dengan cepat mengamankan barang-barangnya dengan menaikkan ketempat yang lebih aman, termasuk mobil dan motor diungsikan ke wilayah yang lebih tinggi.

Disela membantu masyarakat yang terdampak banjir, AKBP Didik Priyo Sambodo Kasubdit Dalmas Samapta Polda Jateng saat di konfirmasi Awak media mengatakan “Kegiatan ini adalah perintah langsung dari Direktur Samapta Polda Jateng yang mana Samapta mempunyai tujuan mulia peduli terhadap sesama dan saat ini menurunkan 80 Anggota yang di bagi ke beberapa tempat titik-titik banjir” jelas Didik.

Rudi Haryo salah satu warga yang terdampak banjir sangat mengapresiasi langkah cepat yang dilakukan oleh jajaran kepolisian dalam membantu warga terdampak banjir.

“Kami senang aparat terkait cukup sigap dan perhatian membantu kami , terima kasih bapak-bapak polisi meski kami baru menerima musibah banjir hati merasa was-was tapi dengan kehadiran bapak-bapak petugas dari kepolisian kami jadi sedikit lebih tenang, matur nuwun sanget nggih bapak-bapak polisi” ungkap Rudi haryo.(had).

Related Articles

Back to top button