Jateng Raya

Tim SAR Arnavat Siaga Amankan Wisata Pantai di Libur Lebaran

SEMARANG – HKNews.info : Setiap musim mudik Lebaran, selalu ada petugas yang mengorbankan waktu dan tenaga untuk tidak berkumpul bersama keluarga.

Salah satunya adalah Tim SAR Arnavat Jateng dari Ditpolairud Polda Jateng yang harus menjaga area pantai, waduk dan bendungan saat lebaran.

Hampir di setiap masa liburan seperti libur Lebaran, mayoritas pantai di kawasan pesisir Jateng, di sepanjang pantai Pantura dan pantai selatan Jateng, dipadati ribuan pengunjung.

Selama momen libur Lebaran 2023, Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Jawa Tengah memprediksi ada sekitar 11.681.546 wisatawan akan berkunjung ke berbagai destinasi wisata di Jateng pada libur Lebaran tahun 2023.

RELAWAN SAR ARNAVAT didirikan pada tanggal 5 September 2022, sebagai mitra Ditpolairud Polda Jateng, khususnya penanganan SAR air / laut dan Tanggap Bencana.

Kemampuan khusus telah dimiliki oleh Relawan ini minimal Renang Laut dan Pertolongan Dini Korban Laka Air.

Direktur Kepolisian Perairan dan Udara Polda Jateng Kombes Pol. Hariadi, S.H., S.I.K., M.H. menyampaikan, hal ini menjadi tugas tambahan bagi anggota Tim SAR Arnavat Jateng, yang tersebar di 13 Satpolairres jajaran.

Personel yang hanya beranggotakan 500 orang harus memastikan keamanan wisatawan di garis Pantai Pantura sepanjang 270 kilometer dan garis Pantai Selatan sepanjang 74,21 kilometer.

“Personel Relawan SAR berjumlah kurang lebih 500 Relawan yang tersebar di tiap- tiap Polres Pesisir. Sebagaimana semboyannya ” SEPENUH HATI SEPENUH JIWA DEMI KEMANUSIAAN “, Relawan siap mengabdikan kegiatannya untuk membantu Polri di Lokasi Wisata Perairan,” ungkap Kombes Hariadi, Kamis (27/4/2023).

“Demikian juga dengan pengorbanan Tim SAR Arnavat Jateng itu patut diapresiasi, lantaran mereka secara swadaya melakukan pembangunan pos pantau bersama pengelola wisata dan instansi terkait,” imbuhnya.

Penuh Kesigapan Relawan SAR di tahun kedua ini, membantu Polri di obyek wisata perairan, mereka senantiasa menghimbau mengajak kepada pengunjung wisatawan, patroli sepanjang pantai ataupun awasi monitor perairan di obyek wisata

“Pos pantau yang didirikan di pantai juga sangat menunjang untuk operasi pencarian korban tenggelam di laut. Bahkan, tim SAR Arnavat Jateng rela melakukan tugasnya dengan semangat pengabdian kepada masyarakat yang sedang melaksanakan libur lebaran tahun 2023,” terangnya.

Direktur Kepolisian Perairan dan Udara Polda Jateng Kombes Pol. Hariadi, mengucapkan terimakasih kepada Para Relawan atas kesigapan dan dedikasinya untuk Kemanusiaan.

“Rencana akhir tahun akan kita bekali lagi kemampuan para Relawan ini untuk Diving dan kepada Kasatpolair dan Para Dankapal agar dibina terus para relawan SAR Arnavat juga ajak mereka turun ke lapangan supaya terus menambah wawasan dalam kegiatan pertolongan dini korban laka air,” pungkasnya. (had).

Foto : Tim SAR Arnavat siaga pengamanan pantai di libur lebaran.

Related Articles

Back to top button