Nasional

Polda Jateng dan Gibran Beri Bantuan APD Pada 11 Rumah Sakit Di Surakarta

Kapolda Jateng Irjen Pol Rycho Amelza Dahniel berikan bantuan APD ke 11 Rumkit di Surakarta.

SEMARANG – HKNews.info – Polda Jawa Tengah (Jateng) kembali menunjukkan kepedulian serta komitmennya membantu dalam proses penanggulangan bencana wabah Covid 19 agar dapat segera teratasi dan membawa ketenangan bagi seluruh masyarakat. Kali ini Polda Jateng bersama Gibran Rakabuming Raka turut ambil bagian guna meringankan beban rumah sakit dalam pemulihan dari wabah virus korona dengan membagikan Alat Pelindung Diri (APD) untuk perlindungan diri bagi tim medis.

Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan upaya dukungan ini sebagai bagian dari suara hati agar wabah korona dapat segera berakhir dan tim medis sebagai garda terdepan dalam menangani pasien tetap diberikan kekuatan dan kesehatan.

“Kami terus berempati dan terus memberikan semangat kepada seluruh tim medis di rumah sakit yang sedang berjuang keras menangani pasien terpapar covid 19,” ujarnya, Selasa (28/4/2020).

Menurutnya Apa yang bisa kami bantu dan berikan tentu akan kami bagikan. Dan kebetulan Mas Gibran juga melakukan hal sama untuk kegiatan kemanusiaan ini, sehingga bisa sepakat melaksanakan secara berbarengan.

Dia menambahkan tanpa kedisiplinan wabah corona akan sulit berlalu. Karena itu perlu berjuang bersama dan meningkatkan gotong royong untuk saling membantu sehingga wabah bisa cepat berakhir. Bantuan apa pun akan diupayakan karena niat kita mengakhiri wabah covid-19 dari bumi Indonesia.

“Selain memberikan bantuan ribuan APD, baik itu masker khusus untum tim medis dan juga piranti pelindung lain Kapolda Jateng juga membagikan sembako bagi warga miskin yang terdampak langsung kehidupannya karena wabah corona,” tutur Rycko.

Gibran Rakabuming Raka berikan bantuan dihalaman Mapolresta Solo.

Gibran Rakabuming Raka menuturkan saat wabah covid-19 yang sedang terjadi ini pihaknya perlu menghentikan kegiatan politik dan fokus untuk melakukan kegiatan kemanusiaan dengan berbagai kegiatan bakti sosial.

Menurutnya mulai bantuan pemberian APD, penyemprotan disinfektan dan sosialisasi kemasyarakat agar terus berdisiplin untuk menjaga kesehatan dengan tetap rajin olah raga, minum vitamin dan terus menjaga jarak, sering cuci tangan dan lebih sering tinggal di rumah.

“Kami lupakan kegiatan politik, dan menggantikannya dengan kegiatan kemanusiaan. Kami fokus kegiatan kemanusiaan, membantu teman-teman medis yang berjuang menangani pasien, seperti melengkapi dengan APD dan juga vitamin, seluruh relawan kami arahkan untuk kegiatan kemanusiaan,” tuturnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Ir.Soekarno Sukoharjo dr. Gani Suharto mewakili 11 rumah sakit yang menerima bantuan mengatakan, bantuan APD dapat memberikan semangat para tim medis dalam menangani pasien terpapar covid 19 dan diharapkan juga mengeliminir untuk jatuhnya korban dari tim medis.

Menurutnya perjuangan dalam memutus matarantai virus dari tubuh pasien yang terinfeksi corona ini sangatlah berat, seiring dengan  tim medis yang bekerja keras dan penuh resiko tetap berusaha melakukan perawatan.

“Kami sangat berterimakasih karena  bantuan APD ini mampu melindungi tim medis dalam merawat pasien corona. Kami tidak ingin lagi perawat atau dokter tertular dan gugur lagi, jadi APD ini sangat dibutuhkan,” ujarnya.

Bakti sosial pemberian APD yang dilaksanakan di komplek Mapolresta Solo dihadiri langsung Kapolda Jateng, Gibran Rakabuming Raka dan seluruh jajaran perwira Polri dan TNI.

Sebelas rumah sakit penerima bantuan APD dari Polda Jateng dan Gibran Rakabuming Raka adalah, RS. Tentara DKT Surakarta, RS. Kasih Ibu, RSUD Ngipang, RS PKU Muhammadiyah, RSUD Ir Soekarno Sukoharjo,,RS. Dr. Oen Solo Baru, RS. UNS, RSUD Pandanaran Boyolali, RS. Darurat Covid-19 Boyolali, dan RS. Muhammadiyah Boyolali.

Sedang APD yang dibagikan Gibran meliputi pakaian pelindung medis sebanyak 1100, vitamin 13.000 sachet, masker wajah 2200, dan masker N95  1500. Sedang bantuan Polda Jateng yang di bagikan antara lain satu paket terdiri dari 1 box (isi  APD 5 dan sepatu booth 5) ,1 box (isi APD 5 + Masker 5 dus + Face Shield 10).(had).

Related Articles

Back to top button