Abdee Negara Dikabarkan Keluar dari Slank

Abdee Negara

Band Slank, dari kiri: Kaka, Ridho, Bimbim, Ivan, dan Abdee berpamitan setelah menghibur ribuan buruh di Sport Mall Kelapa Gading, Jakarta, 12 Februari 2014. Abdee dikabarkan mengalami sakit ginjal yang membuatnya harus istirahat. tempo

Abdee Negara, yang dikenal dengan nama panggung Abdee Slank, adalah gitaris, vokal pendukung, dan penulis lagu bagi grup musik dimanajeri Bunda Ifet ini.

Tahun lalu, Abdee, 46 tahun, menjadi relawan Jokowi. Ia berada di balik panggung kesuksesan konser “Salam Dua Jari” yang digelar di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, pada 5 Juli 2014.

Abdee berhasil mendatangkan sekitar 100 ribu orang. Konser ini membuat antrean panjang berliku-liku di luar stadion. Dia juga mengatur para penampil, termasuk tokoh politik seperti Puan Maharani, Muhaimin Iskandar, dan Surya Paloh.

Selain itu, Abdee mengomandoi pertemuan di akhir September 2014. Ia mengajak relawan menyiapkan “pesta kemenangan” saat Jokowi dilantik sebagai presiden

Abdee lahir di Donggala, Sulawesi Tengah, 28 Juni 1968. Sejak remaja ia memang doyan menggerakkan massa. Saat duduk di Sekolah Menengah Pertama Negeri I Donggala, Sulawesi Tengah, ia pernah mengumpulkan temannya untuk memperjuangkan teman yang tidak lulus karena kecurangan.

Waktu itu ia beraksi menyanyikan lagu Pink Floyd, Another Brick in the Wall, di depan para guru. “Liriknya diindonesiakan: ‘Hei luluskan teman kami’,” ujar anak ketujuh dari delapan bersaudara ini tertawa kepada Tempo tahun lalu. Ia mengatakan musik menjadi kendaraan untuk memberantas korupsi dan ketidakadilan.

Abdee dibesarkan di lingkungan keluarga politik. Ayahnya, Andi Cella Nurdin, adalah politikus Partai Persatuan Pembangunan dari Sulawesi Tengah dan menjadi anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat selama 25 tahun. Sang ayah yang mempengaruhi pola pikirnya sampai sekarang.

Abdee pernah kuliah satu semester di jurusan ekonomi Universitas Tadulako, Palu, Sulawesi Tengah, pada 1988. Pada tahun yang sama, ia mengambil kursus di sekolah musik Farabi.

Sebelum menjadi personel Slank, ia menjadi gitaris grup band Flash, yang salah satu personelnya Ivan, basis Slank (1988-1990). Setelah itu Abdee berkarya melalui grup band Interview dan Enernest. Gaya permainan Abdee adalah blues dan rock.

Selain di Slank, Abdee memproduseri grup band Serieus. Ia juga menjalani bisnis dengan meluncurkan produk efek gitar hasil pemikiran dan kreasinya sendiri (Signature Series) yang diberi nama The Eyes.

Saat ini Abdee keluar sementara dari Slank untuk fokus menjalani pengobatan ginjal.
Sumber: Tempo

Related posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *