Jateng Raya

FKUB, LSKP, Ulama Dan Tokoh Agama Pantura Jawa Tengah, Dukung Calon Tunggal Kapolri Pilihan Presiden Jokowi

SEMARANG – HKNews.info – Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu telah mengusulkan Calon Kapolri Tunggal Komjen Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., yang kedepan akan menggantikan Jenderal (Pol) Idham Azis yang akan memasuki masa pensiun pada 1 Februari 2021.

Sebagai Calon Tunggal Kapolri, selanjutnya Komjen Listyo Sigit Prabowo akan mengikuti tahap uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) yang pelaksanaanya sedang menunggu jadwal dari Komisi Hukum atau Komisi III DPR.

Ketua PCNU Blora KH. Muhammad Fatah.

Meski diketahui Komjen Listyo Sigit Prabowo beragama Non-Muslim namun dukungan – dukungan terus berdatangan dari tokoh-tokoh umat Islam di berbagai daerah. Para tokoh ini melihat sosok Listyo Sigit Prabowo sebagai Jendral yang kompeten dan profesional terbukti dengan berbagai kasus yang diungkapnya saat menjadi Kabareskrim Polri.

Ketua Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Jateng KH. Taslim Sahlan, menyatakan, “Kami akan bersama-sama dengan tokoh agama untuk mendukung apa yang telah diupayakan oleh Bapak Presiden.”

Dalam memimpin Polri, lanjutnya membutuhkan sosok yang memenuhi kapasitas dan profesionalitas juga yang sangat penting yaitu dapat menyatukan seluruh umat mengingat Indonesia merupakan negara yang homogen.

Kapolri anyar harus mewujudkan semboyan Kepolisian yakni profesional, modern, tepercaya (promoter) selain itu penegakan hukum kelompok yang dianggap intoleran turut menjadi perhatian.

Seperti yang disampaikan oleh Ketua PCNU Blora KH. Muhammad Fatah dirinya menyampaikan bahwa sosok Komjen Pol Listyo Sigit pantas dan layak untuk menjabat sebagai Kapolri karena pengalaman dan prestasinya.
Dia juga percaya, Listyo bisa menjaga dan mengamankan negara jika nantinya menjabat sebagai Kapolri.

Ketua Majelis Budha Terawada Indonesia Blora, Pandita Ngatno

“Menilik dari prestasi dan track record perjalanan karier Komjen Pol Listyo Sigit, maka saya yakin beliau akan mampu mengampu tugas sebagai orang nomor satu di Kepolisian Republik Indonesia,” kata KH. Muhammad Fatah. Jumat, (15/01/2021).

Sementara itu, Ketua Majelis Budha Terawada Indonesia Blora, Pandita Ngatno menyampaikan bahwa pihaknya mendukung Komjen Pol Listyo Sigit. Berdasarkan pengalamannya di lapangan Komjen Pol Listyo Sigit telah berhasil menciptakan kerukunan dan toleransi antar umat beragama. Itu dibuktikan dengan kedekatannya dengan semua tokoh agama dari berbagai agama apapun di Indonesia. “Beliau adalah sosok yang menjunjung tinggi toleransi dan kami yakin beliau adalah sosok yang tepat untuk memimpin Polri,” kata Ketua Majelis Budha Terawada Blora Indonesia.

Terpisah Ulama Kharismatik Asal Cepu sekaligus Ketua Komascipol Cepu Ustadz Abu Mundzir Al Ghifary mengaku yakin, jika Komjen Pol Listyo Sigit akan mampu memimpin Kepolisian RI ke depan.

Ketua Komascipol Cepu Ustadz Abu Mundzir Al Ghifary.

“Saya yakin beliau Komjen Pol Listyo Sigit bisa menjadi pemimpin yang baik untuk Polri. Apalagi kedepan tugas tugas dan tantangan Polri semakin banyak dan dibutuhkan sosok yang bisa menjadi pemersatu bangsa. Salah satunya adalah beliau bapak Listyo Sigit yang selalu bisa menjaga toleransi antar umat beragama,” ucap
Ustadz Abu Mundzir Al Ghifar.

Dari Lembaga Study Kebijakan Publik (LSKP) Jawa Tengah, melalui ketuanya Muhammad Rifai, menyatakan dukungannya kepada Komjen Sigit agar polri dibawah kepemimpinanya nanti, keamanan dan kondusifitas Indonesia dapat terpelihara dengan baik. Menurut Rifai, pencalonan Komjen Sigit sebagai calon tunggal kapolri merupakan langkah cerdas Presiden Jokowi yang menunjukan ke Indonesiaan, terlebih kemampuannya juga sudah teruji dengan baik.

Muhammad Rifai, Ketua Lembaga Study Kebijakan Publik (LSKP) Jawa Tengah

“Kemampuan beliau ini (Komjen Sigit) sudah teruji dan tidak diragukan lagi. Sebagai Kabareskrim berhasil mengungkap kasus-kasus tahunan yang selama ini tidak terungkap dan mampu menindak jajaran kepolisian berpangkat jenderal,” kata Rifai yang juga Ketua Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Provinsi Jawa Tengah,Jumat (15/1/2021).

Seluruh rakyat Indonesia, sambung Rifai, tentunya banyak berharap Komjen Sigit dapat membawa institusi polri ke depan semakin profesional, mengayomi dan bisa diterima oleh seluruh lapisan masyarakat. Kamtibmas semakin kondusif, sehingga NKRI tenteram dan damai dari sabang hingga merauke.

“Komjen Sigit sosok yang kredibel dalam penugasan. Semoga tetap amanah dan dapat merangkul semua umat Indonesia yang heterogen. Selamat jendral,” tutup Rifai aktivis asal Desa Jamus Kecamatan Mranggen Kabupaten Demak Jawa Tengah. (had).

Related Articles

Back to top button