Politik

Targedkan Lolos Verifikasi, Din Syamsuddin Bidik Kaum Milenial Gabung Partai Pelita

SEMARANG – HKNews.info – Partai Pelita besutan Prof. Dr. KH. M.S. Din Syamsuddin, MA. Ph.D yang juga sebagai Ketua Majelis Permusyawaratan partai menggelar Ceramah Kebangsaan bertempat di Hotel UTC Jl. Kelud Raya, Semarang, Sabtu (6/8/2022) sore.

Ceramah Kebangsaan juga sekaligus memberikan pembekalan kepada pengurus Partai Pelita ditingkat Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Tengah dalam rangka mempersiapkan diri sebagai calon peserta Pemilu 2024.

Dasar pemikiran lahirnya Partai Pelita menurut Din Syamsuddin mantan Pimpinan Pusat Muhammadiyah ini, mempunyai tujuan berjuang pada jalur konstitusional, yang menurutnya masih belum sesuai dengan UUD 1945 yang asli.

“Untuk melakukan perubahan dalam kehidupan bangsa, bangsa yang besar yang mempunyai kekuatan besar, baik sumber daya manusia dan sumber daya alam, sumber daya nilai, namun hingga tahun ke-77 dari kemerdekaan ini masih jauh dari cita-cita nasional, bahkan ada gejala semakin menjauh dari Pancasila dan UUD 1945,” kata Din Syamsuddin kepada awak media usai memberikan Ceramah Kebangsaan kepada kader Partai Pelita se-Jawa Tengah.

Untuk itulah, Din berharap partai yang dipimpinnya menjadi partai alternatif yang mampu menampilkan diri tidak seperti kebanyakan partai-partai lainnya terutama dalam memegang teguh nilai-nilai moral yang memastikan penegakkan etika dan moral politik khususnya berdasarkan agama sehingga partainya jauh dari yang namanya pragmatisme politik, oportunisme politik, materialisme politik yang dapat merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan negara.

“Kita mengajak kaum milenial yang mempunyai jumlah besar, yang pada Pemilu 2019 mereka tidak memilih sekitar 30 persen, marilah menaruh harapan pada partai ini, dan ini kita niatkan menjadi partai kaum muda milenial yang para pengurusnya sedapat mungkin dibawah usia 40 tahun atau lebih sedikit masih kita tolerir,” ungkapnya.

Dijelaskan Din Syamsuddin, partainya sesuai dengan peraturan KPU secara administratif sudah terbentuk 75 persen dari seluruh kabupaten/kota di setiap provinsi sehingga sudah memenuhi syarat ketentuan KPU.

Untuk saat ini Partai Pelita tidak ingin berandai-andai, karena targed yang ingin dicapai dalam waktu dekat adalah lolos verifikasi administrasi dan faktual sesuai peraturan KPU. Sehingga pada 14 Desember yang akan datang sesuai keputusan KPU, partainya lolos sebagai peserta Pemilu 2024.

“Targed kami tiada lain menjadi partai alternatif. Saya sangat yakin dan optimis generasi muda bangsa ini serta bangsa Indonesia secara keseluruhan masih banyak kaum idealis, itulah yang ingin kita tampung,” ungkap Din.

Harapannya setelah lolos verifikasi nanti pihaknya akan segera menata partainya dengan melakukan penataran dan orientasi bagi seluruh fungsionaris partai, mulai DPP, DPW, DPD, DPC seluruh Indonesia serta akan memberikan training dan pelatihan khusus kepada calon-calon anggota legislatif.

Diharapkan Din, pada sisa waktu yang tersisa ini dirinya mengajak jajarannya untuk berjuang berjibaku melengkapi persyaratan administratif, sehingga saat diterima oleh KPU, partai Pelita siap menghadapi verifikasi dan dinyatakan sebagai peserta Pemilu 2024.

Ditempat sama, Ketua DPW Partai Pelita Jawa Tengah, Dodik Indrawirawan mengatakan, bahwa Partai Pelita di Jawa Tengah dari 35 kabupaten/kota telah terbentuk sekitar 91 persen dan hanya menyisakan 4 kabupaten yang masih dalam proses menunggu Surat Keputusan (SK).

“Alhamdulillah di Jawa Tengah sudah terbentuk sekitar 91 persen dari total 35 kabupaten/kota, kita sudah 29, dan 4 kabupaten masih dalam proses yang InShaa Allah akan selesai dalam satu atau dua hari ini, yaitu Purbalingga, Banjarnegara, Demak dan Pati tinggal nunggu SK,” kata Dodik mendampingi Ketua Majelis Permusyawaratan Partai Pelita, Din Syamsuddin usai acara Ceramah Kebangsaan. (had).

Related Articles

Back to top button