Derap Perwira

Kapolda Jateng Kukuhkan Pencanangan Kampung Siaga Candi di Kabupaten Klaten

Kapolda Jateng dan Pangdam IV/ Diponegoro mencanangkan Kampung Siaga Candi di Kabupaten Klaten.

KLATEN – HKNews.info : Pencanangan Kampung Siaga Candi, juga menjadi program kerja yang diresmikan Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, saat kunjungannya di Kabupaten Klaten, Senin (20 Juli 2020). Hal ini tak lepas dari turut serta TNI / Polri dalam mendukung pemerintah di bidang ketahanan pangan, khususnya sektor peternakan dan perikanan.

Turut serta dalam kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolda Jateng, Pangdam IV/Diponegoro yang diwakili Danrem 074 Warastratama Kolonel Inf. Rano Maxim Adolf Tilaar, Komisi 3 DPR RI dari Partai Nasdem, Eva Yuliana dan PJU Polda Jateng, bersama – sama melakukan penaburan benih ikan dan panen raya di wilayah hukum Polres Klaten.

Adapun rangkaian acara kunjungan kerja Kapolda Jawa Tengah di Klaten diantaranya pecanangan Kampung Siaga Candi di Desa Nglinggi Kec Klaten Selatan. Selain itu Kapolda juga berikan bantuan pada 6  perwakilan camat.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi, saat kunjungan di Polres Klaten

Perwakilan tersebut diantaranya Camat Klaten Selatan, Joko Hendrawan, Camat Jogonalan, Sutopo, Camat Prambanan, Suhardi, Camat Jatinom, Sriwahyuni, Camat Delanggu, Joko Suparjo, Camat Pedan, Marjono.

“Klaten ini terkenal dengan wisata airnya, jadi nanti kita laksanakan penebaran benih sekaligus panen ikan,” ucap Kapolres Klaten AKBP Edi Sutanta Sitepu, S.I.K., M.H.

Selanjutnya Irjen Pol Ahmad Luthfi menuju tempat penebaran benih ikan sejumlah 40.000 ekor.

Selesai dengan kegiatan penaburan ikan, Kapolda menuju Desa Ponggok Kecamatan Polanharjo Klaten untuk melaksanakan panen raya padi jenis rojo lele. Jumlah yang akan dipanen sampai bulan Oktober kurang lebih 83.700 ton di Kabupaten Klaten.

“Klaten memiliki lahan padi seluas 59.000 hektar, yang sudah panen ada sekitar 37.000 hektar dan yang siap panen hari ini ada 21.000 hektar. Setiap desa di Klaten kami wajibkan membuat lumbung panganya masing-masing,”  Ucap Bupati Klaten, Sri Mulyani.

Bupati Klaten Sri Mulyani menjelaskan penghasilan padi yang dipanen di Klaten mencapai 227.000 ton beras dengan kebutuhan masyarakat sekitar 126.000 ton beras sehingga Klaten ini dapat surplus beras sebanyak 101.000 ton beras.

Pencanangan Kampung Siaga Candi

“Saya yakin dan percaya bahwa instruksi Bapak Presiden kepada TNI/Polri dapat kita akan mampu mengatasai bersama-sama perekonomian kita pada masa pandemi corona ini,” ujar Irjen Pol Ahmad Luthfi.

Anggota DPR RI Komisi 3 dari Partai Nasdem, Eva Yuliana meningatkan kepada masyarakat tidak terlena dan tetap memperhatikan protokol-protokol kesehatan.

“Provinsi Jawa Tengah termasuk dalam Provinsi yang tidak terlalu menghawatirkan soal pandemi Covid – 19 dibanding dengan Provinsi – Provinsi yang lain, namun kondisi ini diharapkan tidak membuat kita abai terhadap protokol kesehatan,” ucap Eva Yuliana.

Selanjutnya Kapolda Jateng beserta rombongan menuju lokasi panen ikan nila merah di Desa Nganjat Kecamatan Polanharjo Klaten.

Kapolda Jateng menjelaskan pula perihal Kampung Siaga, bahwa kampung Siaga ini adalah dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat, TNI dan Polri hanya sebagai fasilitator saja.(had).

Related Articles

Back to top button