Derap Perwira

Sampaikan Amanat Kapolri, Kapolda Jateng Tutup Diktuk Bintara Polri 2020/2021

PURWOKERTO – HKNews.info : Kapolda Jawa Tengah (Jateng) Irjen Ahmad Luthfi memimpin upacara penutupan Pendidikan Pembentukan (Diktuk) Bintara Polri tahun 2020/2021 di Lapangan Pengayom SPN, Senin (28/6/2021).

Pada kesempatan itu, Kapolda menyampaikan langsung amanat Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada 457 siswa yang resmi dilantik.

Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi

“Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya selaku pimpinan Polri, mengucapkan selamat kepada para Bintara Remaja Polri yang telah berhasil menyelesaikan pendidikan pembentukan Bintara Polri tahun anggaran 2020/2021, yang pada hari ini secara resmi dilantik menjadi anggota Polri dengan menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua,” kata Luthfi saat membacakan amanat Kapolri.

Menurut Luthfi, dengan dilantiknya ratusan siswa tersebut, saat ini, Polri telah menambah personel golongan pangkat Bintara sebanyak 11.198 orang, yang terdiri dari 10.638 polisi laki laki dan 560 polisi wanita.

“Hal ini tentunya menjadi suatu kekuatan strategis untuk menunjang pelaksanaan tugas Polri agar lebih optimal,” ujar Luthfi.

Diharapkan, kata Luthfi, dengan bertambahnya jumlah personel, penyebaran pelayanan publik dan kehadiran polisi bisa semakin dirasakan serta dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Ia berpesan kepada, Bintara tersebut untuk selalu menjalankan tugasnya dengan baik dan menjaga segala sikap, tutur kata dan perilaku dalam kehidupan bermasyarakat. Mengingat, personel yang baru dilantik ini adalah garda terdepan Polri yang bersentuhan langsung dengan publik.

“Kehadiran saudara akan menjadi cerminan layanan Polri secara keseluruhan. Saya berharap saudara mampu merubah wajah Polri menjadi Polri yang memenuhi harapan masyarakat, Polri yang memenuhi harapan rakyat dengan berorientasi kepada kepentingan masyarakat, berbasis pada hukum yang berkeadilan, menghormati hak asasi manusia serta mengawal proses demokrasi,” ucap Luthfi.

Sebab itu, Luthfi menekankan, dalam menjalankan tugas, personel harus selalu bertakwa kepada Tuhan YME, berpegang teguh nilai Tribrata dan Catur Prasetya, memahami tugas, menegakan supremasi hukum dan menjalin persaudaraan dengan Pemerintah, TNI, serta seluruh elemen masyarakat.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Jateng Kombes M. Iqbal Al-Qudusy mengungkapkan bahwa, selama menjalani pendidikan dan pembentukan, para Bintara ini dididik untuk menjadi personel kepolisian yang memiliki integritas dan karakter saat menjalankan tugasnya.

“Membentuk Bintara Polri yang berkarakter Kebhayangkaraan, sehat jasmani dan rohani, profesional, serta berintegritas dalam pelaksanaan tugas Polri,” ujar Iqbal.

Iqbal juga berpesan kepada Bintara yang baru dilantik untuk segera menjalankan tugasnya dengan baik. Terutama dalam menghadapi Pandemi Covid-19 atau virus corona saat ini.

“Para Bintara ini harus segera mengimplementasikan seluruh ilmu yang didapatkan ketika mengenyam bangku pendidikan. Terutama membantu masyarakat untuk menghadapi Pandemi virus corona saat ini,” tutup Iqbal.(had).

Related Articles

Back to top button