Hukrim

Tak Butuh Waktu Lama, Resmob Polrestabes Semarang Tangkap Pelaku Pembunuhan di Tembalang

SEMARANG – HKNews.info – Tak butuh waktu lama, tim Resmob Polrestabes Semarang mencokok pelaku utama pembunuhan Irwan Hutagalung (53) pemilik depot isi ulang air minum di Jalan Mulawarman, Tembalang yang jasadnya dimutilasi dan dicor semen.

Muhammad Husain (28) menghabisi korban, Irwan Hutagalung (52) terbilang sadis, hanya karena merasa sakit hati (dendam) sering dipukul majikannya saat bekerja, hingga nekad membunuh dan memutilasi korban.

Konferensi pers dipimpin Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar didampingi Kasatreskrim AKBP Donny Sardo Lumbantoruan dan Kasubdit Penmas Polda Jateng AKBP Anita Indah Setyaningrum.

Kapolrestabes Semarang mengungkapkan, motif Husain menghabisi majikannya karena merasa sakit hati atas perlakuan korban sering memukul pelaku.

“Jadi tersangka merasa sakit hati sehingga timbul rasa dendam dan timbul niat untuk menghabisi korban. Tersangka merencanakan aksi sejak Senin 1 Mei 2023,” ungkap Kapolrestabes.

Irwan menambahkan, tersangka mengaku sakit hati karena sering dipukul dan dimaki oleh korban sebagai majikannya perihal pekerjaan yang dilakukannya di depot air isi ulang AHS Arga Tirta Jalan Mulawarman Raya, Kramas, Tembalang, Semarang

“Tersangka menusuk menggunakan linggis di pipi kanan dan plipis kiri saat korban tertidur di lokasi kejadian pada Kamis 4 Mei 2023 sekira pukul 20.00 WIB. Usai menusuk, tersangka meninggalkan korban dan mengambil uang didompet korban untuk bersenang-senang,” ungkap Irwan Anwar.

Selanjutnya pada Jumat 5 Mei 2023 dini hari, tersangka kembali ke TKP dan memutilasi korban.

Kemudian pada Sabtu 6 Mei 2023 mayat korban yang sudah terpotong kepala, tangan kanan kiri dan tubuh dicor oleh tersangka di selokan sekitar lokasi kejadian.

“Potongan tubuh korban dimasukan kedalam karung. Kemudian pada Jumat sore tersangka mengambil pasir dan semen di rumah korban yang berada di Sumurboto lalu jenazah dicor pelaku,” jelasnya.

Husain yang dihadirkan saat pres rilis di Polrestabes Semarang, Rabu (10/5/2023), menjawab pertanyaan Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar dengan santai tanpa raut penyesalan, bahkan dengan tersenyum puas Ia menceritakan kronologi saat mengeksekusi korban.

Dengan lugas Ia menerangkan, memotong kepala korban karena merasa sering diomeli korban. Lantas memotong tangan kanan kiri korban berdalih sering memukulnya jika melakukan kesalahan dalam pekerjaan.

“Saya potong tangannya karena sering memukul saya. Kalau kepalanya karena dia suka ngomelin saya. Jadi yang saya potong kepala bukan bibir. Kalau mulut kan susah,” dalihnya.

Saat ditanya apakah dia menyesali telah membunuh majikannya sendiri, dengan tegas Husen menjawab tidak menyesal, bahkan mengaku puas.

“Nggak, tidak menyesal, puas,” tegasnya.

Diceritakan Husain dalam press konferen di Mapolrestabes Semarang, Ia membunuh Irwan Hutagalung saat majikannya tidur di kiosnya, depot isi ulang air minum pada Kamis malam (4/5/2023) dengan menusuk pipi sebelah kanan dengan linggis. Lalu menusuk plipis sebelah kiri dengan alat yang sama.

Kemudian pada Jumat dinihari (5/5/2023) Ia memutilasi korban dengan memotong menjadi empat bagian yaitu tangan kanan-kiri, kepala dan tubuh.

Pada malam itu juga jelang subuh, Husain mengubur korban dengan cara dicor semen di sela tembok samping depot isi ulang.

Usai menghabisi korban, Husen sempat minum di angkringan yang bersebelahan dengan depot tempat dia bekerja.

Disana Ia sempat bercerita kepada penjaga angkringan, Imam, bahwa dirinya telah menghantam kepala bossnya, Irwan Hutagalung. Bahkan Ia mengaku telah memutilasi bossnya itu masih dalam keadaan hidup.

“Saat itu dia masih bernapas, ngorok-ngorok gitu suaranya,” kata Husain.

Husain dicokok jajaran Satreskrim Polrestabes Semarang saat dalam pelariannya di rumah temannya di Banjarnegara pada hari Selasa (9/5/2023).

Atas perbuatanya, Ia dijerat pasal pembunuhan berencana, Pasal 340 KUHPidana dengan ancaman hukuman maksimal 20 tahun penjara. (had).

Foto 1 : Husain, pelaku pembunuh Irwan Hutagalung, boss depot isi ulang air minum dihadirkan dalam konferensi pers di Mapolrestabes Semarang.

Related Articles

Back to top button