Halo Surabaya

Edukasi Pilah Sampah dan Fun Walk Oleh BSW, Warnai HPSN 2023 di Tanjung Perak, Surabaya

SURABAYA – HKNews.info : “Tiada Hari Tanpa Berinovasi Mengelola Sampah”. Dan kiprah BSW (Bank Sampah Wani) yang selama ini menjadi motor pengelolaan sampah di wilayah Kelurahan Tanjung Perak, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya, kini telah mampu menggerakkan segenap warga untuk peduli terhadap lingkungan, utamanya memerangi sampah.

Apalagi di moment peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2023, ini benar – benar dimanfaatkan BSW untuk memberikan apresiasi kepada segenap warga peduli lingkungan, dengan menggelar kegiatan sosial Fun Walk HPSN 2023 serta Edukasi Pemilahan Sampah.

Peserta jalan sehat yang menyisir jalan untuk membersihkan sampah yang tercecer.

Dari markas BSW di RT.3 RW.4 Kelurahan Tanjung Perak, Kecamatan Pabean Cantian, ratusan warga dilepas dalam acara Jalan Sehat sembari memungut sampah – sampah anorganik di sepanjang jalur yang dilalui, pada Minggu pagi (26/02), kemarin.

Peserta dari segala umur ini, diberangkatkan oleh Camat Pabean Cantian, Muhammad Januar Rizal, S.STP, M.Si, didampingi Ketua LPMK Kelurahan Tanjung Perak Muslikin, Ketua RW 4 Purnomo, Ketua RT 3 Ali Imron, perwakilan dari Pelindo Daya Sejahtera Sayudi, serta Ketua Panitia Fun Walk Denik Arie Wahyuni.

Panitia sempat menolak banyak warga yang berhasrat turut serta, oleh karena pendaftar membludak sedangkan kuota terbatas. Ini menunjukkan betapa besar perhatian warga pada kegiatan yang digelar BSW.

“Kami mohon maaf bagi warga yang tidak kebagian kuota. Kedepannya akan kami usahakan untuk memperbanyak kuota agar edukasi-edukasi tentang lingkungan dapat lebih banyak diterima oleh masyarakat luas”, kata Denik Arie Wahyuni, Ketua Panitia Fun Walk sekaligus ketua Bank Sampah Wani.

Peserta Kerja Bhakti Peraih Hadiah

Memang tidak hanya sekadar Fun Walk, namun peserta juga diberikan edukasi tentang cara mengelola sampah, mengenal jenis sampah anorganik, sampai kepada cara memilah sampah, dengan tujuan agar kelak dapat memilah sampah yang dihasilkan dari rumah masing – masing.

“BSW akan selalu mengedukasi masyarakat akan pentingnya mengelola dan memilah sampah dari rumah agar Tindakan kecil tersebut berdampak berkurangnya tumpukan sampah yang menggunung di Tempat pembuangan akhir (TPA)”, ungkap Denik, yang juga Bendahara Asosiasi Bank Sampah Indonesia (ASOBSI) DPD Surabaya.

Semarak peringatan HPSN 2023 gelaran BSW RT.3 RW.4 Kelurahan Tanjung Perak, pada gilirannya mendapat dukungan dari para stakeholder. “Kami berterima kasih kepada para sponsor khususnya dari Pelindo Group yang mendominasi dan telah banyak membantu kegiatan ini. Tanpa adanya sponsor, Fun Walk tidak akan berjalan. Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini dapat mewujudkan RW 4 menuju Zero Waste”,  imbuh wanita yang juga pekerja kantoran tersebut.

Camat Pabean Cantian Muhammad Januar Rizal, S.STP, M.Si, berharap agar kegiatan-kegiatan tentang lingkungan terus digalakkan dan terus bergotong royong membantu pemerintah dalam mengatasi persoalan sampah selama ini.

Nasabah BSW Terpilih mendapat hadiah

“Saya berharap kedepannya kegiatan seperti ini dapat melibatkan warga lebih banyak lagi, agar warga bisa memilah sampah dari rumah. Terlebih memberdayakan warga miskin dalam kepengurusan bank sampah, sehingga mereka mendapat tambahan penghasilan,” kata Camat M Januar Rizal, saat dikonfirmasi, seraya menambahkan, kelak harus bisa merubah mindset warga miskin dari hanya mengandalkan bantuan menjadi pekerja produktif yang menghasilan dan meningkat strata ekonominya.

Sementara banyak warga yang berharap kegiatan ini menjadi agenda rutin BSW, karena selain mandapatkan ilmu yang bermanfaat, juga mereka mendapatkan hadiah.

Tak ketinggalan digelar pula Bazar UMKM dimana BSW yang telah mengantongi NIB, bisa mengenalkan produk terbarunya, berupa tas belanja dari bahan daur ulang aluminium foil. Tak urung stand – stand BSW banyak dikerumuni pembeli hingga harus mengantre.

“Alhamdulillah dagangan kami laris. Terimakasih BSW yang menampung dan mendukung UMKM. Semoga tahun depan dapat terselenggara kegiatan seperti ini agar UMKM semakin maju”, ungkap  Kanti, seorang pelaku UMKM dari RW.4.

Terakhir adalah kegiatan kerja bhakti massal “Surabaya Bergerak” di wilayah RW.4, yang didukung penuh Camat Pabean Cantian dengan menyediakan hadiah bagi 6 RT peserta kerja bhakti paling giat. Di sisi lain, BSW juga memberikan apresiasi kepada nasabahnya dengan memberikan bingkisan kepada nasabah yang aktif menabung serta mempunyai saldo tertinggi di BSW. (choi)

Related Articles

Back to top button