Halo Surabaya

“Rek Ayo Rek” yang Dihelat Pemkot Surabaya, Bantu UMKM THP Kenjeran Raup Omzet Jutaan Rupiah

SURABAYA – HKNews.info : Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kota Surabaya Rini Indryani, kembali menyampaikan rasa terima kasih kepada para Kader Surabaya Hebat (KSH). Seperti hari ketiga pelaksanaan kegiatan “Rek Ayo Rek” (Rekreasi Kader Suroboyo Hebat bareng Cak Eri dan Ning Rini), yang digelar di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, Jumat (9/9/2022).

Selain sebagai wujud terima kasih Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya atas peran KSH menjadi garda terdepan untuk mengentaskan kemiskinan dan pengangguran di Kota Pahlawan, dengan adanya kegiatan rekreasi bersama KSH ini, membuat para pelaku UMKM di THP Kenjeran mampu meraup omzet jutaan rupiah.

“Otomatis dengan acara ini para UMKM sangat terbantu. Rata-rata pendapatan mereka cukup lumayan, hampir sama dengan pendapatan saat akhir pekan. Terima kasih kepada para KSH yang sudah ikut meningkatkan pendapatan dari pelaku usaha. Serta, ikut membantu mempromosikan objek wisata THP Kenjeran,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengelolaan Obyek Wisata THP Kenjeran, Rusdi Ismet.

Menurut Ismed sapaan lekatnya, untuk satu stand UMKM, mereka bisa membawa pulang omzet mulai dari Rp 2 – Rp 5 juta dalam satu hari. Dengan total 197 stand UMKM yang terdiri dari stand kuliner, makanan ringan, hingga souvenir.

“Seperti di stand kuliner, kerupuk atau ikan asin, mereka ada yang mendapatkan omzet mulai Rp 2 juta. Ada yang Rp 3 – Rp 5 juta. Alhamdulilah selama ada cara ini berlangsung, sangat menunjang usaha UMKM di THP Kenjeran,” ungkapnya.

Di acara “Re Ayo Rek” kali ini, dihadiri 4.635 KSH yang berasal dari Kecamatan Wonocolo, Tenggilis Mejoyo, Gubeng, Bubutan, Mulyorejo, dan Wiyung. Disana, para KSH bisa bersantai sambil menikmati kuliner. Mulai dari Lontong Kupang, Lontong Balap, Rujak Cingur, ikan asap dan masih banyak lainnya. Bukan itu saja, juga disediakan beberapa hiburan di THP Kenjeran, seperti live musik juga permainan anak agar para KSH tidak bosan.

Terpisah, Tutik pemilik stand kerupuk di THP Kenjeran mengaku sangat merasa senang dengan kegiatan yang diadakan oleh Pemkot Surabaya. Sebab, selama tiga hari pelaksanaan kegiatan “Rek Ayo Rek” ini, ia bisa mendapat omzet mencapai Rp 5 juta per hari.

“Senang sekali karena banyak rombongan KSH. Alhamdulilah tiga hari ini ramai terus, omzet saya dalam satu hari hampir mencapai Rp 5 juta per hari,” kata Tutik.

Senada dengan hal tersebut, Fauziah pemilik stand kuliner juga mengaku bahwa para pemilik stand kuliner di THP Kenjeran mendapat tambahan penghasilan. Selama tiga hari berturut-turut, stand miliknya selalu ramai dikunjungi oleh para KSH. Untuk satu hari saja, ia bisa mendapat omzet mencapai Rp 3 juta per hari.

“Matur nuwun Pak Eri Cahyadi, masyarakat bisa menjadi lebih tahu THP Kenjeran yang baru saat ini, karena penghasilan warga sekitar dari objek wisata disini. Alhamdulilah, Pak Eri membantu pendapat kami, satu hari saja omzet mencapai Rp 3 juta per hari,” ujar Fauziah.

Tak jauh berbeda dengan Tutik dan Fauziah, pemilik stand souvenir, Suharnik mengaku ada kemajuan pendapatan selama gelaran “Rek Ayo Rek” berlangsung. Di stand miliknya, para KSH menyerbu topi pantai. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, mulai dari Rp 30 – Rp 60 ribu.

“Alhamdulilah ada kemajuan selama tiga hari, iya bisa mencapai Rp 2 juta. Mudah-mudahan semua penjual dagangannya laris semua,” pungkasnya.

Sebagai diketahui, kegiatan “Rek Ayo Rek” akan dilaksanakan hingga 7 hari, dengan mengundang para KSH dari seluruh Kecamatan di Kota Surabaya di dua lokasi berbeda. Yakni, di THP Kenjeran dan kawasan Eco Wisata Romokalisari (yok)

Related Articles

Back to top button