HKsiana

Ning Lia : Momentum Kemerdekaan Untuk Memperdalam Nasionalisme

SURABAYA – HKNews.info : Memaknai arti kemerdekaan, menurut Ning Lia (panggilan akrab Lia Istifhama), Ketua III STAI Taruna Surabaya, saat ini bukan hanya negara saja yang merdeka, melainkan seluruh rakyat Indonesia harus bisa merasakan kemerdekaan yang sesungguhnya.

“Memaknai kemerdekaan dengan memaknai pentingnya membangun seduluran dengan semua pihak. bangsa yang besar ialah yang memiliki modal sosial besar pula. saling menghargai, saling toleransi, dan saling menjaga hubungan baik sesama, itu yang penting,” ungkap Lia Istifhama, Sabtu (17/8/2019), disela-sela mengikuti acara pengibaran bendera di gedung negara grahadi surabaya bersama gubernur jatim, khofifah.

Ditambahkan Ning Lia, begitu aktivis perempuan ini biasa akrab dipanggil, ” Jangan sampai penyakit hati menjajah diri sendiri, sehingga kita tidak bisa mensyukuri semua keadaan merdeka di hari ini ” tegas nya.

” Bagaimanapun juga, tidak akan ada yang namanya kebahagiaan dan ketenangan, kalau kita hidup dalam masa peperangan apalagi penjajahan ” papar Ning Lia.

Disinggung bagaimana mengisi kemerdekaan, pengurus fatayat NU jatim ini menjelaskan, ” Selain itu, memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia jangan hanya sebatas seremonial dan hura-hura permainan rakyat saja “.

“Namun, lebih kepada bagaimana kita semua bisa memaknai kembali semangat nasionalisme para pahlawan yang telah berhasil membebaskan Indonesia dari belenggu penjajah,” ingat nya.

Pesan Ning Lia kepada generasi penerus bangsa, ”Semua masyarakat khususnya generasi milenial, harus menjadikan momentum kemerdekaan ini sebagai ajang untuk memperdalam rasa nasionalisme “.

“Para milenial seperti aku, harus bisa meneladani perjuangan para pahlawan. Kita harus mengingat-ingat kembali jasa mereka,” pungkas calon walikota surabaya 2020 ini. (her)

Related Articles

Back to top button