Daun Kelor Jadi Primadona Baru Ekspor ke Asia

SURABAYA – HKNews.info : Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur kini punya andalan baru sebagai komoditas ekspor, utamanya ke negara – negara di Asia. Tak lain adalah “daun kelor”. Tumbuhan yang mudah subur, yang sebelumnya sempat diabaikan orang dan dianggap hanya sekadar semak belukar, ini ternyata daunnya mengandung beragam khasiat, dan kini digandrungi oleh beberapa negara di Asia.

Meskipun masih terhitung sebagai komoditas baru, namun daun kelor telah masuk dalam daftar 90 komoditas ekspor.

Seperti dituturkan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Hadi Sulistiyo, kepada wartawan, pekan lalu, “Karena telah masuk sebagai komoditas baru, maka perlu adanya pembinaan bagi para petani kebun untuk meningkatkan kwalitas ekspor tumbuhan ini, sesuai tujuan negara dan per pendataan !”

Untuk mendukung pengembangan komoditas daun kelor ini, lanjut Hadi, Dinas Pertanian Jawa Timur akan melakukan identifikasi dan pembinaan di lapangan, mulai dari sertifikasi lahan, penerbitan SOP, dan sertifikasi hasil pertanian, agar komoditas daun kelor memenuhi standar internasional.

“Potensinya sangat bagus. Maka perlu kita bina ke depan petaninya agar memenuhi standar ekspor ke negara tujuannya. Mulai tahun 2019 ini kami akan melakukan identifikasi dan pembinaan di lapangan,” kata dia.

Menurut Hadi, daun kelor untuk komoditas ekspor bisa saja didapatkan dari luar Jawa Timur, tapi ekspornya dipusatkan di Jawa Timur. “Yang penting kita data dan kita lakukan pembinaan,” pungkasnya. (her)

Related posts