Nasional

Komisi III DPR RI Lihat Kesiapan Polda Jatim Amankan Pilkada Serentak.

Kabid-Humas-Polda-Jatim-KomHKNews.info – Surabaya : Komisi III DPR RI dalam kunjungannnya di Polda Jawa Timur, Senin (3/8) lalu antara lain melihat dari dekat kesiapan Polda Jatim dalam pengamanan jelang pelaksanaan Pilkada serentak. Rombongan yang dipimpin Wihadi Wiyoto, SH, MH, dari Fraksi Gerindra Dapil IX Jatim, saat bertemu Kapolda Jatim, Irjen Pol. Anas Yusuf, yang didampingi jajaran, menyampaikan Polda sebagai salah satu elemen yeng terpenting dalam pengamanan Pilkada, harus benar – benar siap, mengingat pentingnya pilkada yang dilaksanakan serentak ini.

Anggota Komisi III DPR RI lainnya, Ir Adies Kadir, menambahkan, “Setidaknya dalam kunjungan ini, kita ingin tahu sejauhmana kesiapan Polda Jatim dalam rangka pengamanan. Kami juga menanyakan terkait kesiapan anggaran apakah sudah sesuai dengan kebutuhan polisi dalam pengamanan sebagai wujud fungsi DPR dalam fungsi anggaran.”

Ditanggapi Kapolda Irjen Pol Anas Yusuf, bahwa kepolisian kali ini konsen tidak hanya masalah Polkada serentak, namun juga masalah Pilkades di beberapa daerah di diwilayah Jawa Timur.

Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Raden Prabowo Argo Yuwono, yang turut mendampingi Kapolda saat pertemuan tersebut, mengatakan kepada wartawan, “Yang jelas pada intinya, mempertanyakan anggaran Pilkada di Jawa Timur, apakah ada kendala atau tidak.”

“Telah dijawab oleh Kapolda, bahwa Jawa Timur tidak ada permasalahan mengenai anggaran pilkada serentak. Semuanya mendukung pilkada serentak yang ada di 19 Kota/ Kabupaten di Jawa Timur,” tambahnya. Namun, perwira berpangkat tiga melati tersebut mengakui, di Jawa Timur ada tiga daerah yang calonnya masih satu orang yang maju sebagai kepala daerah, Pacitan, Surabaya dan Blitar. Namun ditegaskannya, “Tiga daerah itu dipastikan tidak berpotensi kerawanan. Tapi, semua tetap dilakukan antisipasi,” ujarnya.

Usai kunjungan di Polda jatim, rombongan Komisi III DPR RI melanjutkan inspeksi ke Kantor Satpas Satlantas Polrestabes di Kolombo. Setelah dari Satlapas, Komisi III langsung melanjutkan kunjungan ke Kantor BNNP Jatim.

Ihwal, masih adanya calon tunggal yang jadi masalah dalam Pilkada serentak ini, khabarnya pimpinan DPR RI akan mengadakan pertemuan dengan Presiden RI Joko Widodo untuk membahasnya.

“Ya secepatnya. Sudah minta Komisi II walaupun masih reses tapi kita udah minta untuk segera membuat suratnya untuk kita teruskan ke presiden,” kata Ketua DPR RI Setya Novanto kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Senin (3/8). Dalam pertemuan tersebut, Novanto mengatakan akan membahas soal peraturan pengganti undang-undang (Perpu) sebagai salah satu alternatif dari persoalan calon tunggal. “Itu nanti sekalian dibicarakan,” kata politikus Golkar, ini. (Yok)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button