Halo Surabaya

Wali Kota Eri Buka Kompetisi Basket Heroes City League East Java 2024, Resmi Jadi Agenda Tahunan

SURABAYA – HKNews.info : Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi resmi membuka kompetisi Piala Walikota Heroes City League East Java 2024, di GOR Pancasila Surabaya, Sabtu (24/8/2024). Setelah sukses di tahun 2023, kini kompetisi bola basket kedua ini, resmi menjadi agenda tahunan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Eri turut bermain bersama mantan Tim Nasional (Timnas) Bola Basket Indonesia. Mengenakan nomor punggung 21, Wali Kota Eri amat lincah dan gesit. Bahkan, ia terus berlari merebut bola, alhasil Wali Kota Eri ikut mencetak poin dalam laga pembuka.

Tak ingin kalah, Tim Basket Pemkot Surabaya turut bertanding melawan Tim Basket Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur. Kedua tim pun amat lincah, saling menunjukkan kebolehannya masing-masing.

Wali Kota Eri mengatakan, Pemkot Surabaya mengadakan kompetisi bola basket Heroes City League East Java 2024, dalam rangka memperebutkan Piala Wali Kota. Tiap tahun, pemkot menggelar kompetisi basket tersebut.

“Ini adalah Piala Walikota yang kedua. InsyaAllah setiap tahun akan diadakan Piala Walikota Heroes City League East Java, ini akan menjadi agenda tahunan,” kata Wali Kota Eri.

Ia menjelaskan bahwa setiap tahun, Pemkot Surabaya rutin menggelar kompetisi memperebutkan Piala Walikota untuk cabang olahraga bola basket. Dimana terdapat dua jenis perlombaan. Pertama, adalah antar klub, dan kedua adalah antar SMA/SMK.

“InsyaAllah, Pak Kadispora akan menggelar untuk SMA juga pada September 2024. Setiap tahun, Pemkot Surabaya mengadakan untuk antar klub dan antar SMA/SMK. Karena saya yakin Surabaya adalah tempatnya para atlet, terutama basket, sebab atlet basket banyak yang dari Surabaya,” jelasnya.

Oleh sebab itu, Wali Kota Eri berharap para peserta Heroes City League East Java 2024, dapat mengedepankan sportifitas. Sebab, ia berharap, melalui kegiatan ini, akan muncul bibit-bibit muda pada cabang olahraga bola basket.

“Saya berharap dengan Piala Walikota ini, maka akan muncul atlet-atlet yang bisa mengharumkan nama Kota Pahlawan. Surabaya adalah tempat para atlet, Surabaya adalah gudangnya pemain basket yang luar biasa,” terangnya.

Ia pun meyakini, nantinya pada ajang pesta olahraga Porprov Jawa Timur IX, cabang olahraga bola basket akan menjadi juara.

“Semoga dengan Piala Walikota ini, akan muncul lagi bibit muda pemain basket dari Kota Surabaya, yang mengharumkan Surabaya, Jawa Timur, dan Indonesia. Karena saya yakin, di Porprov, Kota Surabaya pasti juara,” ujar dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Hidayat Syah mengatakan, pertandingan Heroes City League East Java 2024, merupakan kompetisi antar klub sekolah di Jawa Timur.

“Antar klub, yang terdiri dari pelajar SMP dan SMA/SMK. Ini adalah klub dari masing-masing sekolah di Jawa Timur. Yang bertanding ada 30 klub lebih, dan didominasi oleh klub putra,” kata Hidayat Syah.

Hidayat Syah menuturkan, Heroes City League East Java 2024, akan dihelat selama satu bulan lamanya, sampai dengan 22 September 2024. Nantinya para klub akan bertanding setiap akhir pekan, pada hari Sabtu dan Minggu.

“Ini akan menjadi agenda tahunan. Di bulan September, setelah Heroes City League East Java 2024, kita akan mengadakan Piala Walikota untuk tingkat SMA/SMK,” pungkasnya. (yok)

 

Related Articles

Back to top button