Jateng Raya

Malam Takbir Keliling, Polsek Candisari Gelar Apel Pengamanan

SEMARANG – HKNews.info – Takbir keliling menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri merupakan tradisi dalam menyambut hari kemenangan dengan kumandang takbir, tahmid dan tahlil bagi umat Muslim setelah sebulan menjalankan ibadah puasa Ramadhan.

Ueforia perayaan malam takbiran setelah dua tahun tak dapat dilaksanakan akibat Covid-19 diharapkan akan berjalan tertib lancar dan aman.

(2)

Polsek Candisari, Polrestabes Semarang menggelar Apel pengamanan malam Takbiran Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriyah/2023 Masehi di halaman Kantor Polsek Candisari, Jl. dr. Wahidin, Kota Semarang, Jumat (21/4/2023) sore.

Apel pengamanan malam takbiran dilaksanakan sore hari menjelang buka puasa dan dilanjutkan buka bersama di hari terakhir puasa Ramadhan yang diikuti seluruh anggota polsek dan beberapa anggota Bankom.

Kapolsek Candisari Iptu Handri Kristanto, SH MH pada sambutan Apel mengajak kepada anggotanya untuk memantau pelaksanaan takbir keliling yang dilaksanakan oleh warga di wilayah Kecamatan Candisari dengan memetakan titik-titik rawan yang berpotensi menimbulkan kemacetan dan kerawanan lalu lintas.

“Sesuai arahan Wali Kota Semarang, untuk takbir keliling merayakan Hari Raya Idul Fitri dipersilahkan, asalkan tertib dan tidak di jalan-jalan raya,” ucap Kapolsek dalam arahannya.

Namun demikian jikalaupun ada warga yang dalam pelaksanaan takbir keliling ada yang arak-arakan di jalan raya, Kapolsek mengimbau kepada anggotanya untuk melakukan tindakan persuasif dengan mengarahkan ke jalan-jalan kampung yang lebih aman.

Menurutnya, tak pungkiri di malam takbiran (takbir keliling) masih banyak pemudik yang datang dari luar kota memasuki wilayah Kota Semarang, sehingga diharapkan dapat saling menjaga keselamatan dan kenyamanan dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri.

“Kita berharap pada malam takbir keliling hingga jelang pelaksanaan Sholad Ied, petugas melaksanakan patroli sehingga dapat tercipta kamtibmas yang aman, tertib dan lancar. Untuk takbir keliling akan diarahkan di wilayah kelurahan masing-masing,” tutur Handri di kantornya.

Selain pengamanan takbir keliling, Polsek Candisari juga akan melakukan patroli pengamanan di wilayah-wilayah yang banyak ditinggalkan untuk mudik dan razia petasan yang dapat menggangu dan membahayakan warga.

“Patroli akan kita lakukan secara terus menerus hingga pelaksanaan Operasi Ketupat Candi selesai pada 1 Mei 2023,” tandas Handri.

Pihaknya akan lakukan patroli siang malam demi menciptakan situasi aman dan kondusif di perayaan Hari Raya Idul Fitri ini.

“Pesan kami, kepada warga yang melaksanakan mudik untuk tetap waspada dengan rumah yang ditinggalkan, dicek keamananya sebelum meninggalkan rumah. Bhabinkamtibmas bersama Babinsa akan memantau wilayah masing-masing,” ujarnya.

“Dan jangan lupa menggunakan aplikasi LIBAS sehingga informasi apapun yang ada di wilayah dapat dilaporkan melalui aplikasi LIBAS,” pungkas Handri. (had).

Foto 1 : Kapolsek Candisari memberikan arahan pada apel pengamanan malam takbir keliling.
Foto 2 : Kapolsek Candisari Iptu Handri Kristanto.

Related Articles

Back to top button