Jateng Raya

Upaya Tabayyun, Lingkar Media Grup Surati Ganjar, Pasca Gaduh Ucapan “Mediamu Ra Cetho”

SEMARANG – HKNews.info : Kepala Biro Semarang Raya Lingkar Media Grup, Unggul Priambodho mendatangi Kantor Gubernur Jawa Tengah menyerahkan surat klarifikasi dan somasi kepada Ganjar Pranowo terkait ucapannya yang merendahkan media LingkarTV, salah satu media dibawah naungan Lingkar Media Grup.

“Kedatangan kami, menyerahkan surat klarifikasi dan somasi kepada Gubernur Jawa Tengah terkait ucapannya yang menyebut media kami atau Lingkar Media dengan sebutan media yang tidak cetho,” kata Unggul Priambodho usai menyerahkan surat yang di terima staff Tata Usaha (TU), Selasa (7/2/23).

Dijelaskan Unggul, dirinya hanya mengantarkan surat atas perintah pimpinan Lingkar Media Grup.

Dikatakannya, nantinya akan ada jumpa pers tersendiri oleh komisaris utama Lingkar Media Grup, Agus Sunarko.

“Ini intinya hanya klarifikasi saja terkait ucapan tersebut. Dan meminta kepada Gubernur Ganjar untuk meminta maaf terkait ucapannya,” ucap Unggul.

Terkait upaya hukum lebih lanjut, dijelaskan Unggul, pihaknya akan terus mengawal permasalahan yang terjadi kepada salah satu wartawan Lingkar Media saat melaksanakan tugas jurnalistik.

Dikatakannya, tidak menutup kemungkinan upaya hukum akan dilakukan jajaran Pimpinan Lingkar Media Grup jika Ganjar tak menanggapi surat yang dilayangkannya.

“Nanti pimpinan kami yang akan menjawab terkait hal itu, dan ini hanya klarifikasi sebagai upaya tabayyun,” tandasnya.

Dibeberkan Unggul, jika dalam bersurat kepada Ganjar tidak ada tanggapan atau tindaklanjut, pihaknya akan membuat tembusan yang ditujukan Presiden RI, KPK, Kapolri, Mendagri, DPR RI, Dewan Pers, Kapolda Jateng, Kajari Jateng, Kajati Jateng, PWI Jateng, AJI, IJTI, DPRD Jateng dan insan pers Jawa Tengah.

Sebelumnya, viral di media sosial vidio Ganjar Pranowo saat mendapat pertanyaan wartawan LingkarTV, Fajar Mu’ti yang menanyakan penanganan kemacetan yang terjadi di Juwana.

“Pak gub, soal macet Juwana, pak,” tanya Fajar saat itu.

Alih-alih mendapat jawaban yang diharapkan, Orang nomor satu di Jawa Tengah ini malah balik bertanya kepada Fajar dengan menanya, “Persmu opo?, mediamu opo?, mediamu wae ra cetho”.

Kejadian yang dialami Fajar Mu’ti, terjadi usai dirinya mengikuti konferensi pers pemusnahan rokok ilegal yang dilaksanakan pada Selasa 31 Januari 2023 di halaman Kantor Gubernur Jawa Tengah.

Saat itu bersama wartawan lainnya, Fajar berusaha mendekat ke Ganjar dengan kamera vidio meminta tanggapan soal kemacetan di jalur Pantura, Juwana.

Bukanya dijawab dengan baik apa yang menjadi pertanyaan wartawan LingkarTV, Ganjar malah balik bertanya “persmu opo, mediamu opo, mediamu wae ra cetho”. (had).

Related Articles

Back to top button