Jateng Raya

Diguyur Hujan Dua Hari, Kota Semarang Dikepung Banjir

SEMARANG – HKNews.info : Hujan yang mengguyur Kota Semarang sejak Jumat sore (30/12/22) hingga Sabtu pagi (31/12/22) membuat Kota Semarang di kepung banjir. Tak pelak beberapa wilayah di Kota Lunpia ini sempat terhenti aktifitasnya beberapa saat akibat kepungan air yang membuat mobil dan motor yang terlanjur terjebak banjir terpaksa mencari tempat aman.

Dari pantauan informasi warga melalui citizen journalism ataupun pesan WhatsApp yang beredar, menyampaikan informasi di sebagian wilayah Kota Semarang yang tergenang banjir.

Beberapa wilayah yang tergenang dengan ketinggian air berbeda diantaranya meliputi wilayah, Mangkang, depan SPBU Randugarut, Puri Anjasmoro, Pusponjolo, Simongan, Museum Bubakan, Jalan Kakap, Jl. Kaligawe, Sidorejo Jolotundo, Jl. MT. Haryono, Pedurungan Kidul, Gayamsari, Tlogosari, Jl. Pekojan, Jl. Gajahmada dan Simpang Lima.

Selain mengakibatkan banjir, beberapa wilayah Kota Semarang yang rawan longsor juga mengalami dampak akibat hujan yang terus menerus mengguyur Kota Semarang selama dua hari ini.

Kejadian longsor yang cukup banyak terjadi di Kecamatan Candisari, yaitu di Kelurahan Jomblang.

Dari laporan Ketua LPMK Kelurahan Jomblang, Moh. Azis yang turun langsung ke lapangan menyebutkan ada beberapa wilayah yang mengalami longsor.

“Ada enam titik lokasi yang mengalami longsor. Dan saat ini warga bersama Babinsa, Bhabinkamtibmas masih berjibaku ditengah gerimis hujan untuk kerjabakti menyingkirkan longsoran tanah dan batu yang mengganggu akses jalan warga,” terang Azis menjelaskan, Sabtu (31/12/2022).

Adapun wilayah yang mengalami longsor disebutkan Azis antara lain :

1. RW 03 longsor di RT 01 dan 04
2. RW 04 longsor di RT 03 dan 04 (tembok rumah jebol)
3. RW 07 longsor di RT 04 (Talud Makam)
4. RW 10 longsor di RT 01, 03, 11 (dinding rumah jebol) dan RT 12 (3 titik longsor)
5. RW 11 longsor di RT 09
6. RW 12 longsor di RT 03

Dari informasi yang didapatkan awak media, Ketua LPMK Kelurahan Jomblang, Azis mengatakan, dari semua kejadian longsor tidak sampai terjadi korban jiwa. Namun beberapa rumah yang tertimpa longsoran mengalami kerusakan. (had).

Related Articles

Back to top button