Jateng Raya

Antisipasi PMK, Kapolsek Gajah Laksanakan Monitoring Ternak

DEMAK – HKNews.info – Guna mengantisipasi PMK (Penyakit Mulut dan Kuku) pada hewan ternak, Kapolsek Gajah Polres Demak, AKP Agus Tri Yulianto, SH MH melaksanakan kegiatan monitoring perkembangan penyakit Mulut dan Kuku, Minggu (14/8/2022).

Kegiatan monitoring ini dilakukan guna mencegah dan mengawasi penularan wabah penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak di wilayah Kecamatan Gajah Kabupaten Demak,” ungkap AKP Agus di sela-sela kegiatan monitoring ke rumah salah satu warga yang memiliki hewan ternak yang berada di Kecamatan Gajah Kabupaten Demak.

Selain itu, pengecekan langsung ke peternakan dan berkoordinasi terkait kegiatan pengawasan tersebut, pihaknya juga menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kebersihan hewan ternaknya,” tutur Kapolsek.

“Dalam upaya pencegahan penyebaran PMK di Kecamatan Gajah, pemilik ternak dapat meningkatkan kesehatan hewan ternak, yaitu dengan pemberian vitamin pada hewan, menjaga kebersihan kandang dan rutin menyemprotkan cairan disinfektan disekitar kandang, agar kandang tetap dalam keadaan bersih,” himbaunya.

Sementara itu, Kapolsek Gajah mengatakan, kami telah memerintahkan anggota untuk bergerak cepat pasca merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak sapi, lakukan tindakan seperti langsung melakukan monitoring, sosialisasi, dan pengecekan hewan ternak warga.

“Kita telah berkoordinasi dengan Dinas Peternakan Kabupaten Demak dan Instansi terkait untuk melakukan sosialiasi, pengecekan serta himbauan ke lokasi peternakan maupun tempat pemotongan hewan terkait hal tersebut,” tuturnya.

Meskipun penyakit ini belum menyebar luas, antisipasi sedini mungkin sangat diperlukan mengingat wabah ini semacam virus yang mudah menular kepada hewan ternak, dan apabila ditemukan hewan ternak yang terjangkit PMK, agar pemilik ternak segera menghubungi dokter hewan terdekat atau Dinas terkait,” ungkap Kapolsek mengakhiri. (had).

Related Articles

Back to top button