Halo Surabaya

Ditinjau Pelindo, BSW RT.03 RW.04 Perak Utara Bertekad Wujudkan “Wisata Edukasi Sampah”

SURABAYA – HKNews.info : Inovasi dan kreatifitas ibu – ibu kader lingkungan dan Bank Sampah Wani (BSW) di Kampung Binaan “Kampung Edukasi dan Swakelola Sampah”, RT.03 RW.04 Kelurahan Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantikan, Surabaya, tak disangka gaungnya sampai ke ibu kota, Jakarta.

Kamis siang (15/9/2022) delegasi dari Pelindo Pusat Jakarta, didampingi pejabat Pelindo Regional 3 Surabaya, bertandang ke lokasi untuk meninjau langsung keberadaan Bank Sampah Wani (BSW) serta berbagai produk kreatifitas lainnya yang dihasilkan dari pengolahan sampah.

Delegasi dari Pelindo Pusat Jakarta dan para pengurus Bank Sampah Wani sedang berdiskusi tentang pengembangan “Kampung Edukasi dan Swakelola Sampah”.

Delegasi melihat langsung buah karya tak kenal lelah dari ibu – ibu pengurus BSW bersama kader lingkungan, yang terus berinovasi dari sampah walau dengan keterbatasan yang ada.

“Segala sampah kami terima untuk kami olah menjadi produk yang bernilai ekonomi,” terang Ketua Bank Sampah Wani Denik Arie Wahyuni yang juga Bendahara DPD ASOBSI kota Surabaya kepada delegasi, seraya menambahkan, hanya sandal hotel saja yang mereka tidak bisa menampung.

Tidak hanya itu, RW.04 yang dimotori oleh pengurus Bank Sampah Wani beserta Kader Surabaya Hebat (KSH) dari RT.03, Kelurahan Perak Utara, ini juga siap memberikan edukasi kepada kader – kader RT lainnya, atau warga dari kampung mana pun di Surabaya yang datang untuk belajar bersama tentang pengolahan sampah menjadi barang – barang berguna dan bernilai ekonomi.

Bendahara Bank Sampah Wani Nendy P Shinta, di depan Kios BSW dan produk hasil pengelolaan sampah

“Kami bertekad untuk menjadikan kampung kami sebagai Wisata Edukasi Sampah”, kata bendahara Bank Sampah Wani Nendy P Shinta, seraya memamerkan kios Bank Sampah Wani yang menjual berbagai produk kasil pengolahan sampah. Telah banyak yang mereka hasilkan dari mengolah sampah, diantaranya berupa taplak meja, kemasan tisu, sampai pupuk padat dan pupuk cair.

Ketua RW.04 Perak Utara, Budiono, mengatakan, bahwa keberhasilan kampungnya di berbagai prestasi ajang lomba hingga ke tingkat Provinsi Jawa Timur, diraih berkat dukungan dari inovasi pengolahan sampah. “Kami sangat berterima kasih atas keperdulian dari Pelindo,” ucap Budiono, seraya menyampaikan harapannya atas dukungan bagi pengembangan Bank Sampai Wani, ini.

Budiono, Ketua RW.04 Perak Utara, menunjukkan pupuk padat dan pupuk cair hasil inovasi BSW

Hingga kini sudah empat RT yang menjadi nasabah di Bank Sampah Wani RT.03 RW.04 Perak Utara. “Kami bersyukur, karena setidaknya di dalam skala kecil kami sudah bisa membantu Pemerintah Kota Surabaya dalam mengatasi persoalan sampah,” tambah Budiono.

Sumber HKNews di Humas Pelindo Regional 3 Surabaya, membenarkan, bahwa pembinaan kampung dalam pengelolaan sampah memang tengah dalam program pihak Pelindo. Namun seperti dituturkan delegasi dari Pelindo Pusat saat meninjau BSW, bahwa jangan sampai dengan adanya kepedulian dari pihak Pelindo ini malah membuat pemerintah daerah setempat menjadi berpaling muka dalam memberikan bantuannya kepada warga yang telah berinovasi nyata. (yok)

Related Articles

Back to top button