Nasional

Gubernur : “DPP Perempuan Tani HKTI Jatim Agar Pahami Nawa Bhakti ke 6.”

Pengurus DPP Perempuan Tani HKTI Jatim 2019-2024, bersama Kadis Pertanian, Kadis Peternakan, usai pelantikan.

SURABAYA – HKNews.info : DPP Perempuan Tani HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) Jawa Timur, masa bhakti 2019 – 2024, dituntut berperan aktif mendukung program pemerintah mensejahterakan dan memakmurkan petani, utamanya di Jawa Timur.

Hal itu seperti disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi Jawa Timur, Hadi Sulistyo, saat membacakan sambutan Gubernur Jawa Timur, ihwal kondisi pertanian Jawa Timur sebagai bahan untuk melangkah lima tahun ke depan.

Diungkapkan Hadi Sulistyo, bahwa diantara keberhasilan pertumbuhan perekonomian Jawa Timur yang dicapai pada triwulan pertama tahun 2019, pada kenaikan Nilai Tukar Petani (NTP) bulan Juli 2019, ada tiga sub sektor mengalami kenaikan, namun dua sub sektor lainnya mengalami penurunan.

Serah – Terima Panji – Panji HKTI kepada pengurus baru DPP Perempuan Tani HKTI Jatim

Sub sektor yang mengalami kenaikan, adalah sub sektor peternakan sebesar 1,06 % dari 111,6 menjadi 112,8 diikuti sub sektor tanaman pangan sebesar 0,35 % dari 110,2 menjadi 110,58 dan sub sektor perikanan sebesar 0,16 % dari 112,1 menjadi 112,3. Sedangkan yang mengalami penurunan adalah sub sektor perkebunan rakyat sebesar 0,51 %, dan satu sub sektor lainnya mengalami penurunan 0.527 %. Di sinilah diharapkan peranan DPP Perempuan Tani HKTI Jawa Timur bersama – sama menemukan solusi untuk mendongkrak kembali sub sektor yang mengalami penurunan tersebut.

“Satu Nawa Bhakti Jawa Timur yang perlu diketahui DPP Perempuan Tani HKTI adalah Jatim Agro. Itu masuk pada Nawa Bhakti ke 6. Di situ kita berkomitmen untuk memajukan sektor pertanian, peternakan, perikanan darat dan laut, kehutanan, dan perkebunan, guna mewujudkan kesejahteraan petani dan nelayan,” pungkas Hadi Sulistyo, menyampaikan pesan Gubernur Jatim.

Sementara itu, pengurus DPP Perempuan Tani HKTI Jawa Timur masa bhakti 2019 – 2024 yang telah dilantik pada tanggal 26 Oktober 2019, di Mojokerto, tepatnya di Pondok Pesantren Amanatul Ummah, Pacet, dengan ketuanya yang baru, Lia Istifhama, S.sos, S.H.I, M.E.I, dalam dua butir ikrarnya, menyebutkan, “DPP Perempuan Tani HKTI mendukung kepemimpinan nasional yang b erpihak kepada kepentingan dan kesejahteraan petani Indonesia.” Dan, “Menjunjung tinggi keadilan sosial untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemakmuran petani, dan penduduk pedesaan, dalam bingkai NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.” (her)

Related Articles

Back to top button