Jateng Raya

Satlantas Polres Banjarnegara Gelar Sosialisasi Operasi Zebra Candi 2022

BANJARNEGARA – HKNews.info – Polres Banjarnegara melakukan kegiatan sosialisasi dan himbauan tentang Operasi Zebra Candi 2022 Kepada masyarakat di Wilayah Banjarnegara, Selasa (4/10/2022).

Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto, SIK, MH melalui Kasatlantas AKP R. Manggala Agung Sri Mahardjo, SIK, MH mengatakan, sosialisasi dilakukan dengan pemberian leaflet, brosur dan striker tertib berlalu lintas kepada masyarakat.

“Kegiatan dilakukan di Simpang 4 Tugu Alun-alun Banjarnegara, SMP Muhammadiyah, PT Gistek Garmen Sigaluh dan tempat lain,” katanya.

Ia menjelaskan, Polres Banjarnegara menggelar operasi terpusat dengan sandi Operasi Zebra Candi 2022 selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 3 sampai 16 Oktober 2022 mendatang.

“Ini dilakukan guna cipta kondisi Kamseltibcar Lantas (Keamanan, keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas) menjelang Natal 2022 dan tahun baru 2023,” tutur dia.

Adapun pada pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2022, lanjut Kasatlnatas, penegakan hukum lantas dilaksanakan menggunakan sistem ETLE (electronic traffic law enforcement) dengan mengedepankan kegiatan yang bersifat edukatif, persuasif, humanis dan didukung dengan teguran yang bersifat simpatik dalam rangka meningkatkan simpati dan kepercayaan masyarakat kepada polri dengan tetap menerapkan prokes Covid-19.

“Ada sembilan sasaran operasi, yakni pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm SNI, pelanggaran apil, rambu, marka, mengendarai dengan pengaruh alkohol, pengendara yang masih di bawah umur, melebihi batas kecepatan, lalu berbonceng lebih dari satu untuk pengendara sepeda motor, pengemudi roda empat yang tidak menggunakan safety belt dan pengendara overload,” pungkasnya.

Ia berharap dengan sosialisasi ini, masyarakat memahami dan mendukung giat pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2022 dan dapat meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat untuk mematuhi tata tertib berlalu lintas saat berkendara sehingga dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas khususnya di Kabupaten Banjarnegara.

“Masyarakat mengerti dan paham tentang sasaran dan target operasi serta masyarakat patuh protokol kesehatan guna mencegah penyebaran covid-19,” pungkasnya. (had).

Related Articles

Back to top button