Jateng Raya

Satlantas Polrestabes Semarang Berikan Pelatihan Gratis Kepada Difabel

SEMARANG – HKNews.info : Program pelatihan untuk memiliki SIM bagi orang berkebutuhan khusus menjadi perhatian jajaran Polrestabes Semarang. Demi memberi kemudahan akan layanan masyarakat berupa surat ujin mengemudi (SIM) khusus bagi penyandang difabel di Kota Semarang, Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar, S.I.K., M.Hum., melalui Kasat Lantas Polrestabes Semarang AKBP Sigit membuat terobosan dengan memberikan pelatihan bagi pemohon SIM bagi penyandang disabilitas (difabel), Rabu (3/3/2021).

Dikatakan Kasat Lantas Polrestabes Semarang, AKBP Sigit, bahwa pelatihan gratis ini memang di khususkan untuk orang – orang yang menyandang keterbatasan fisik dan masyarakat lainnya. Selain itu ini adalah untuk mensukseskan program 100 hari kerja Kapolri.

“Jadi ini adalah terobosan dari Polrestabes Semarang, agar orang – orang cacat bisa mengikuti tes pembuatan SIM dan nantinya dapat memiliki SIM, bisa miliki hak yang sama dengan orang – orang normal lainnya,” kata AKBP Sigit, pada wartawan.

Sebelumnya, lanjut Sigit, Polrestabes melakukan mapping meminta data kepada kepala sekolah difabel, yang mempunyai keterbatasan fisik namun sering menggunakan kendaraan. Akhirnya didapatkan beberapa orang dan kita berikan pelatihan berkendara yang benar serta mengenal rambu – rambu lalu lintas.

Data tersebut, kata Sigit, ia dapatkan dari guru Difabel, kemudian dari data tersebut, ia datangi bersama anggota Satlantas Polrestabes Semarang, kerumah masing masing.

“Saat kita datang, kita juga menjelaskan kepada mereka, bahwa akan diadakan pelatihan gratis ini, untuk orang orang cacat, kita juga akan permudah dalam pembuatan SIM ini khusus mereka,” jelas Sigit.

Masih Kata Sigit, pembuatan SIM ini, berbeda dengan pembuatan SIM orang orang-normal biasanya. Sedangkan untuk orang – orang cacat ini, SIM mereka adalah SIM khusus.

“Memang berbeda dengan SIM untuk orang normal yang biasanya SIM C bagi kendaraan roda dua. Namun, untuk SIM kendaraaan orang – orang cacat ini, SIM B Khusus yang kita berikan, sedangkan untuk roda empat, SIM nya D1 Khusus,” ucap Kasat Lantas Polrestabes Semarang ini.

“Kita akan melatih dan mempermudah mereka untuk mendapatkan SIM, bukan berarti dalam pengurusan SIM ini Gratis, sama seperti lainnya. Namun, berbeda di tesnya saja. Untuk itu, kita akan latih mereka secara berkala, setiap malam Minggu atau setiap Sabtu. Dan untuk melatih itu, kita akan datangi mereka satu persatu,” imbuhnya.

Dijelaskan Sigit, bahwa program ini adalah program “Door to Door” khusus untuk orang – orang cacat. Program ini adalah program dari Kapolrestabes Semarang. Mengingat program ini, sangat membantu bagi mereka yang memiliki kekurangan dan keterbatasan fisik.

“Ini bentuk kepedulian kami terhadap orang orang cacat, karena kita semua sama dihadapan Allah, tidak ada perbedaan, dan kewajiban kita memberikan kemudahaan dan pertolongan bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik seperti ini. Semoga SIM khusus ini nantinya dapat bermanfaat bagi mereka,” ungkap Sigit.(had).

Related Articles

Back to top button