Derap Perwira

Yonarmed 3/105 Tarik, Torehkan Dedikasi dan Prestasi Memuaskan Saat Tugas di Perbatasan 

MAGELANG – HKNews.info – Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto memimpin upacara penerimaan Satgas Yonarmed 3/105 Tarik dari tugas operasi Pamtas RI-RDTL di NTT TA 2020 di Markas Batalyon Armed-3/105 Tarik, Jl. Pelda Sibarani, Sambung, Magelang. Jum’at (19/3/2021).

Selama penugasan sejak Agustus 2020 s.d. Februari 2021 Satgas Yonarmed 3/105 Tarik telah melaksanakan tugas dengan dedikasi dan prestasi memuaskan. Diantara keberhasilan yang diraih adalah menggagalkan penyelundupan barang-barang ilegal, mendapatkan senjata non organik TNI dan amunisi serta meringankan kesulitan masyarakat melalui kegiatan pembinaan teritorial.

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Rudianto memimpin upacara penerimaan Satgas Yonarmed 3/105 Tarik dari tugas operasi Pamtas RI-RDTL di NTT TA 2020 di Markas Batalyon Armed-3/105 Tarik, Jl. Pelda Sibarani, Sambung, Magelang.

Dalam arahannya Pangdam berpesan agar para prajurit segera beradaptasi menyesuaikan kembali tugas pokok sesuai job description basis yaitu sebagai Satuan Bantuan Tempur yang memberikan bantuan tembakan lintas lengkung kepada Satuan Tempur di medan operasi. Ini ditekankan Pangdam karena selama 7 bulan penugasan yang dilakukan adalah operasi pengamanan teritorial di perbatasan.

“Setelah kembali ke sini, anda harus berubah kembali, kalian semua kembali berubah job description saudara semua menjadi prajurit-prajurit yang mengawaki senjata bantuan,” ungkapnya.

Sebagai prajurit profesional, perubahan ini harus dilakukan dengan cepat baik dalam hal tugas pokok maupun dalam sikap di lingkungan sosial. Dengan saling sinergi satu sama lain maka hal ini mudah untuk dilakukan. Caranya mulai dari latihan-latihan tingkat perorangan, tingkat kelompok sampai dengan baterai dan tingkat Batalyon. Dengan begitu maka Yonarmed 3/105 Tarik bisa menjadi satuan Arteleri Medan yang profesional dan Handal.

“Saya minta Komandan Batalyon dan seluruh perangkatnya kembalikan profesionalismemu sebagai prajurit Arteleri Medan,” ungkapnya.

Terkait Covid -19 Pangdam berpesan agar Yonarmed 3/105 Tarik nantinya bisa berkomunikasi dengan Satuan Kesehatan terkait vaksinasi karena TNI Polri merupakan salah satu garda terdepan dalam menangani pandemi. Selain itu para prajurit ditekankan agar menerapkan tata kehidupan baru atau New Normal Life yaitu memakai masker, menjaga jarak dan rajin cuci tangan.

“Saya ucapkan selamat atas kesuksesan dan keberhasilan anda, jadikan ini torehan emas, jadikan sejarah satuan yang baik, tetapi tetap jangan pernah sombong, terimakasih semoga Tuhan Yang Maha Kuasa selalu melindungi, memberikan rahmat hidayah dan perlindungan pada kita semua dalam rangka pengabdian kita pada bangsa dan negara,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Irdam IV/Dip Brigjen TNI Aby Ismawan, S.E., M.Si., para Asisten Kasdam IV/Diponegoro, para Kabalak dan Komandan Satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro serta Ketua beserta pengurus Persit Kartika Chandra Kirana PD IV/Diponegoro.(had/pendam).

Related Articles

Back to top button