Halo Surabaya

Peduli Anak Yatim – Piatu, Koramil Lakarsantri Bangunkan Rumah Sederhana Layak Huni

Tak Tersentuh Program “Dandan Omah” Rutilahu Pemkot Surabaya

SURABAYA – HKNews.info : Bermula dari Babinsa Peltu TNI Midianto yang iba melihat keberadaan Delta Efa Karlina, gadis warga RT.4 RW.2 Dukuh Kapasan, Kelurahan Sambikerep, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya yang hidup nestapa karena menjadi yatim – piatu sejak ia kecil.

Depan, dari kiri : Lurah Sambikerep, Danramil Lakarsantri, dan Wakapolsek Lakarsanti

Saat itu Efa, panggilan gadis bertubuh subur ini, kepada Babinsa Midianto mengaku hanya diwarisi oleh orang tuanya sepetak tanah berukuran sekitar 4 X 5 meter persegi, yang letaknya terhimpit diantara rumah – rumah warga lainnya di Dukuh Kapasan. Dan Efa, menyampaikan keinginannya punya rumah di atas tanah warisan itu, sekedar untuk berteduh, kepada Babinsa Midianto. Di sisi lain Midianto juga mendapatkan informasi dari aparat kampung setempat ihwal keberadaan sang gadis yatim – piatu… Efa.

Acara penyerahan menyaksikan video pembangunan rumah yatim – piatu dan penyerahan kunci rumah secara simbolis

“Saya langsung lapor Komandan, ke Danramil lanjut ke Dandim, hingga saya diijinkan melaksanakan kegiatan tersebut,” ungkap Midianto, seraya menambahkan ihwal biaya  pembangunan rumah dihimpun secara ‘gotong royong’ alias sumbangan dari sana – sini, termasuk dari Citra Land, Pemuda Panca Marga dan dari perkumpulan pencak silat SH Teratai.

Babinsa Midianto menyebut biaya pembangunan rumah ini dari para “Hamba Allah”. Maklum, Lurah Sambikerep menyatakan tidak dapat membantu memasukkannya ke Program “Dandan Omah” Rultilahu Pemkot Surabaya, oleh karena terbentur peraturan.

Begitu pun dalam melaksanakan pembangunan rumah, mulai dari pondasi, dinding, kusen, atap hingga pengecatan, semuanya dikerjakan secara gotong royong setiap hari oleh para anggota Koramil Lakarsantri dan Polsek Lakarsantri. Dalam tempo lebih kurang satu bulan, jadilah rumah sederhana berdinding bata ringan, dengan satu kamar tidur, ruang tamu, serta dapur. Inilah rumah sederhana bercat hijau buah karya Koramil Lakarsantri untuk anak yatim – piatu Delta Efa Karlina.

Giat Bakti TNI / Koramil Lakarsantri Bangun Rumah Untuk Anak Yatim – Piatu

Wakapolsek Lakarsantri, AKP Nanang, yang turut hadir dalam prosesi penyerahan kunci rumah dan pengguntingan pita, di lokasi, mengatakan, “Apa yang sudah dilaksanakan oleh para anggota dari TNI ini patut menjadi contoh bagi kita semua, utamanya bagi warga sekitar”.

Efa di tanah warisan sebelum dibangun rumah
Setelah didirikan rumah sederhana layak huni

Sementara itu, Danramil Lakarsantri Mayor TNI Muntolib, mengatakan, “Ini kegiatan dari kita, TNI peduli terhadap anak yatim dimana mbak Efa ini seorang anak yatim piatu yang tidak memiliki rumah tapi dia memiliki sebidang tanah, dari situ Babinsa terketuk hati untuk membantu mendirikan rumah. Untuk material itu pun semua bantuan dari para Hamba Allah.”

“Hari ini kita laksanakan acara penyerahan kunci rumah sekaligus pemotongan pita dan menyerahkan rumah ini kepada pemiliknya, yaitu mbak Efa (Delta Efa Karlina),” pungkasnya.

Kantor Koramil 0832/08 Lakarsantri

Sedangkan Efa, dengan tangan ditangkupkan di dada, sambil terbata – bata di depan Danramil Lakarsantri, mengatakan, “Saya berterima kasih kepada bapak – bapak……!” (yok/tris)

Related Articles

Back to top button