Jateng Raya

Dirapid Test Antigen… Positif, Dua Wisatawan Borobudur Langsung ‘Balik Kanan’

Satu Balik Ke Bogor, Satunya Ke Bekasi

Tim Gabungan Satgas Covid – 19 di Candi Borobudur Magelang

MAGELANG – HKNews.info : Tim gabungan Satgas Penanganan dan pencegahan Covid-19 Kabupaten Magelang gelar Rapid Test Antigen terhadap ratusan wisatawan luar daerah yang akan ke Candi Borobudur, di Tourist Information Center (TIC) Brojonalan, Borobudur, Sabtu (26/12/2020).

Tim Satgas Covid terdiri dari Dinas Kesehatan, Polri, TNI, Satpol PP dan Dishub, serta Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang ini menemukan dua orang dari 115 wisatawan yang akan berkunjung ke Candi Borobudur positif berdasarkan hasil rapid test Antigen. Kedua wistawan yang positif tersebut dari Bogor dan Bekasi, dan langsung disuruh kembali untuk tindakan Swab dan isolasi mandiri di daerah asal.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang Retno Indriastuti, SKM., M.Kes., mengatakan tujuan rapid Antigen sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Magelang khususnya pada masa liburan Natal dan Tahun Baru ini.

“Kita lakukan Rapid Antigen secara acak dengan prioritas pengunjung dari daerah zona merah, di luar Kabupaten Magelang seperti dari Jakarta, Jawa Timur, dan lain sebagainya,” ujarnya di sela-sela kegiatannya.

Dia menjelaskan kegiatan rapid Antigen ini dibiayai dari anggaran pemerintah Kabupaten Magelang dan Provinsi Jawa Tengah dan diberikan secara gratis.

“Pelaksanaan pada libur Natal dan Tahun Baru dilakukan dua kali yakni hari ini (28/12/2020), dan tanggal 31/12/2020 mendatang, dengan sasaran 100 wisatawan dari luar daerah,” jelas Retno.

Sementara Kabid Pelayanan dan Kesehatan Dinkes Kabupaten Magelang dr. Oktora Kunto Edhy menyebutkan dari 155 orang wisatawan yang dilakukan rapid Antigen terdapat dua orang wisatawan yang positif.

“Dua orang tersebut pengunjung dari Bekasi dan Bogor. Keduanya terpaksa langsung kita suruh balik untuk ditindaklanjuti dengan swab di daerah asalnya,” tegasnya.

Kapolsek Borobudur AKP. Sigit Asnawi, S.H., saat di lokasi kegiatan menyampaikan Polsek Borobudur mendukung penuh kegiatan Rapid Test Antigen dan siap mengamankan kegiatan.

“Kami sangat mendukung upaya dari Satgas Covid -19 Kabupaten Magelang dalam antisipasi penyebaran Covid-19 pada liburan Nataru dan tentu wajib kita amankan kegiatan ini,” ujar Kapolsek Borobudur.

Sementara salah satu pengunjung Siti Rokayah dari Jakarta yang ikut di rapid Antigen, mengaku sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Magelang yang telah melakukan rapid terhadap wisatawan secara gratis.

“Kita malah berterima kasih karena kalau rapid Antigen sendiri harus keluarkan biaya Rp. 250 ribu. Selain itu kita merasa tenang dan aman selama berkunjung di Candi Borobudur,” ungkapnya.(had).

 

Related Articles

Back to top button