Jateng Raya

Kapolres Blora Sambangi Kampung Tangguh Candi Desa Geneng.

BLORA – HKNews.info : Sebagai salah satu wujud nyata dukungan Kepolisian dalam menciptakan ketahanan pangan ditengah pandemi Covid-19, Kapolres Blora Polda Jawa Tengah AKBP Wiraga Dimas Tama, S.I.K., menyambangi Kampung Tangguh Candi yang ada di desa Geneng Kecamatan Jepon Kabupaten Blora, Senin, (01/02/2021) sore kemarin.

Dalam kunjungannya tersebut Kapolres AKBP Wiraga Dimas Tama didampingi oleh Kasat Binmas AKP Sudarto, Kasubbag Humas AKP H. Soeparlan, SH dan Forkompincam Jepon disambut langsung oleh Kepala Desa Geneng, Jati, S.Sos.

Didampingi oleh Kepala Desa Geneng Kapolres beserta rombongan melakukan pengecekan Kampung Tangguh Candi Desa Geneng. Salah satunya adalah pengecekan sarana ketahanan pangan desa, yakni lumbung padi desa Geneng. Kepala Desa Geneng mengungkapkan bahwa lumbung padi yang ada didesa Geneng telah lama berdiri, dan hingga saat ini bisa terkelola dengan baik oleh Desa. “Alhamdulilah dimasa pandemi seperti ini, lumbung desa beroperasi dengan baik, sehingga bisa mendukung ketahanan pangan ditengah pandemi,” ucap Kepala Desa Geneng.

Selain memantau Lumbung Desa, Kapolres juga melakukan pengecekan di Poliklinik desa Geneng sebagai sarana kesehatan warga setempat.

Kapolres Blora mengungkapkan bahwa pengecekan Kampung Tangguh Candi ini adalah untuk mewujudkan kesiapsiagaan desa dalam rangka antisipasi kerawanan Covid-19 dimana bencana non alam tersebut, hingga saat ini belum berakhir.

Masih kata Kapolres, bahwa dalam kampung Tangguh Candi ada empat aspek yang disiapkan, meliputi sarana kesehatan, sarana ketahanan pangan, sarana ketahanan ekonomi serta ruangan isolasi mandiri. Dan Desa Geneng ini telah mempunyai empat sarana tersebut.

Adapun di desa Geneng, untuk sarana kesehatan desa sudah ada Poliknilik desa yang aktif melayani warga, dan untuk sarana ketahanan pangan telah ada lumbung desa, serta pada ketahanan ekonomi didesa Geneng mempunyai pabrik paving yang bisa menampung tenaga kerja warga lokal serta telah mempunyai ruang isolasi mandiri Covid-19.

“Kita cek kembali dan kita berikan support agar Kampung Siaga Candi yang sudah ada ini terus berkembang, dan di Desa Geneng ini adalah salah satu yang bisa menjadi panutan bagi desa lainnya,” tutur Kapolres.

Sementara itu Kepala Desa Geneng mengapresiasi kedatangan Kapolres Blora. Pihaknya mengatakan bahwa Kampung Tangguh Candi yang sudah dicanangkan oleh Polres Blora akan terus bertahan, dan manfaatnya telah dirasakan oleh warganya.

“Alhamdulilah Kampung Tangguh Candi yang dicanangkan oleh Polres Blora membawa manfaat bagi warga, dan tentunya akan terus berjalan untuk kebaikan bersama,” kata Kepala Desa Geneng.(had)

Related Articles

Back to top button