HeadlineJatim

MAKI Bersama Pemprov Jatim Gelar Festival Ramadhan Sebulan Penuh di Surabaya

Pameran dengan konsep “One Stop Ramadhan Entertainment” di Bulan Suci 1445 H.

SURABAYA – HKNews.info : Semarak Festival Ramadhan bakal digelar di Townsquare Surabaya (Sutos), yakni pusat perbelanjaan yang berada di Jalan Hayam Wuruk, Surabaya, selama sebulan penuh, dari tanggal 9 Maret 2024 sampai dengan 6 April 2024.

Festival yang bertajuk “Jatim Trade Halal Festival” Ramadhan 2024, ini bakal diikuti lebih dari 100 peserta, antara lain menampilkan para pelaku UMKM dari segenap kota / kabupaten se Jawa timur, serta tampilan lainnya, termasuk takjil gratis bagi pengunjung dan aneka lomba.

Hal ini terungkap dalam acara Technical Meeting yang diprakarsai oleh MAKI Jatim bersama Panitia Festival, dengan mengundang unsur OPD (Organisasi Pemerintah Daerah) Pemprov Jatim, pihak Sutos, beberapa UMKM peserta pameran, serta para wartawan, di Resto Nine, Jl Mayjen Sungkono, Surabaya Kamis siang, (7/3/2024).

Seperti diungkapkan Heru Satriyo, S.Ip, Ketua MAKI Jatim, bahwa inilah hasil rembug MAKI Jatim dengan Pj. Gubernur Jatim Adhy Karyono, A.KS., M.A.P., pada pertengahan Februari 2024 lalu, yang menyepakati untuk menggelar sebuah event pameran bertajuk “Jatim Trade Halal Festival” Ramadhan 2024. Konsepnya, “One Stop Ramadhan Entertainment”.

“Jadi ketika pengunjung datang ke pameran ini, di situ semua kebutuhan dari pengunjung akan tersedia. Ada pusat hampers yang perakitannya langsung dipilih dari barang – barang yang ada di pameran. Ada pusat frozen food, ada fashion show, tak ketinggalan “Pasar Sembako Murah” yang disuport dari Disperindag Jawa Timur dan Kabulog Divre 5 Jawa Timur, serta yang menarik ada area “Buka Bersama” selama Ramadhan dengan konsep “like home”. Untuk anak – anak disediakan lomba mewarnai pada setiap Sabtu sore, dan lomba patrol antar kampung,” papar Heru.

Heru menegaskan, bahwa MAKI Jawa Timur mengangkat “Jatim Trade Halal Festival” Ramadhan 2024 sebagai aktualisasi yang real, bahwa yang kami tampilkan adalah pelaku – pelaku usaha yang memang sudah mengantongi sertifikasi – sertifikasi Merk, Halal dan BPOM. Jadi saatnya kita berikan peluang kepada pelaku usaha yang memang telah berusaha untuk mendapatkan sertifikasi tersebut, untuk memasarkan produknya lebih luas kepada masyarakat. Terselenggaranya pameran “Jatim Trade Halal Festival” Ramadhan 2024 dinaungi oleh Pj Gubernur Jawa Timur dan Gubuk UMKM Bersatu Jawa Timur.

Perlu diketahui, ungkap Heru, bahwa dengan sebuah konsep pemberdayaan yang jelas, ketika para OPD Pemprov Jatim yang ikut ke pameran kami ini berbayar, maka kami bisa menggratiskan hampir 100 stan UMKM di pameran “Jatim Trade Halal Festival” Ramadhan 2024. Ini berkat sinergitas Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui peran aktif OPD – OPD Pemprof Jatim yang ikut serta di pameran kami, sehingga biaya yang mereka keluarga untuk ikut pamerah ini kami berikan semuanya untuk para UMKM peserta pameran ini.

Di sisi lain, Lutfi Nurzaman selaku Ketua Panitia “Jatim Trade Halal Festival” Ramadhan 2024, telah mengarahkan UMKM – UMKM binaannya yang saat ini ditampilkan dalam pameran, agar mereka tidak hanya menjual produknya secara retail saja melainkan lebih kepada mencari pihak – pihak yang punya peluang bisnis, seperti agen, reseller, bagi produk – produk UMKM yang legalitasnya sudah lengkap dan kapasitas produksinya sudah tinggi.

Dalam pameran, kata Lutfi, juga menyediakan tenaga – tenaga ahli untuk membantu para pelaku UMKM yang belum memiliki sertifikat Halal dan ingin mendapatkannya.

“Untuk pemasaran produk UMKM, kami membuat konsep memasarkan produk mereka melalui paket – paket hampers atau parsel lebaran,” papar Lutfi.

Terkait jadwal pameran yang berlangsung selama hampir satu sebulan, ini menurut Lutfi, tak lain untuk ‘menjaring’ atau menarik perhatian pengunjung datang ke pameran ini dengan tidak terikat waktu. Hal ini mengingat pada musim lebaran banyak pula pihak lain juga mengadakan pameran serupa.

Yang pasti, hal yang membedakan pada pameran “Jatim Trade Halal Festival” Ramadhan 2024, ini adalah adanya kegiatan – kegiatan di dalam area pameran setiap harinya, tidak lain untuk menaikkan omzet penjualan produk dari peserta pameran. (yok/hk).

Foto : Heru Satriyo, S.Ip, Ketua MAKI Jatim (kiri), dan Lutfi Nurzaman selaku Ketua Panitia “Jatim Trade Halal Festival” Ramadhan 2024 (kanan).

Related Articles

Back to top button