Halo Surabaya

Bursa Kerja ASSIK-2 Buka Peluang Hingga ke Luar Negeri 

Wali Kota Eri Cahyadi : "Khusus Warga Surabaya !" 

SURABAYA – HKNews.info : Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi membuka bursa kerja ASSIK (Arek Suroboyo Siap Kerja ) ke-2 di Gedung Dharma Wanita, Jalan Kalibokor Selatan nomor 2 Surabaya, Selasa (25/7/2023). Dalam bursa kerja ASSIK kali ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya bersama Dharma Wanita Kota Surabaya dan Universitas Kristen (UK) Petra menyediakan 1.300 lebih lowongan dan pelatihan kerja.

Bursa kerja ASSIK ke-2 ini digelar mulai dari tanggal 25-26 Juli 2023. Pada kesempatan ini, para pencari kerja (pencaker) bisa memilih pekerjaan sesuai dengan kriteria dan perusahaan yang diinginkan. Dalam bursa kerja ASSIK kali ini, ada 50 perusahaan dari dalam maupun luar negeri yang membuka peluang kesempatan kerja untuk warga Surabaya.

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, bursa kerja ASSIK yang ke-2 ini khusus untuk warga Surabaya. Bursa kerja kali ini, pemkot tidak hanya bekerjasama dengan perusahaan dalam negeri, akan tetapi juga ada perusahaan dari luar negeri.

“Ini (lowongan) khusus untuk warga Surabaya. Kita terus berjibaku untuk terus membahagiakan dan mengurangi kemiskinan warga Kota Surabaya,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Dalam mengentaskan pengangguran dan kemiskinan di Kota Surabaya, pemkot tidak hanya membuka bursa kerja ASSIK. Wali Kota Eri Cahyadi ingin Dharma Wanita bersama Dinas Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kota Surabaya membuka peluang pekerjaan baru untuk warga Kota Pahlawan.

“Tadi saya langsung berpikir, kita kan di pemkot punya banyak mobil, bayangkan kalau setiap kecamatan kita buka servis mobil yang dibantu oleh Dokter Mobil, kemudian tenaganya kita serap dari warga Surabaya. Pasti luar biasa, nanti semua mobil pemkot servisnya di situ,” ujar Wali Kota Eri.

Selain menciptakan lapangan pekerjaan servis mobil di setiap kecamatan, ia juga ingin, aset pemkot lainnya juga dimanfaatkan untuk menyerap tenaga kerja asal Kota Surabaya. Aset yang dimaksud adalah gedung Dharma Wanita dan Convention Hall.

“Sehingga, nanti ada tempat untuk pesta apapun. Tetapi make up artis dan makanannya (catering) harus dari tempat yang disediakan. Harga sewanya agak murah, dan nanti akan kita latih warga Surabaya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disperinaker) Kota Surabaya Achmad Zaini menyampaikan, dalam bursa kerja ASSIK ke-2 ini ada 50 perusahaan, 3 diantaranya adalah perusahaan dari luar negeri. Mulai perusahaan dari Jepang, Korea, hingga Jerman.

Dari pukul 08.30 WIB, setidaknya sudah ada 2.500 lebih pencaker yang ikut dalam bursa kerja ASSIK ke-2 di gedung Dharma Wanita hari ini. “Ada sekitar 100 peluang kesempatan untuk bekerja di luar negeri, dan ada 47 perusahaan dari Kota Surabaya yang membuka 1.300 peluang kesempatan kerja,” kata Zaini.

Ketua Dharma Wanita Kota Surabaya Shinta Setia menambahkan, dalam kesempatan ini Pemkot Surabaya melalui Disperinaker dan Dharma Wanita tidak hanya menggelar peluang kesempatan kerja. Akan tetapi, juga memberikan pembekalan mengembangkan soft skill bagi para pencaker asal Kota Pahlawan.

Tak hanya itu, Shinta mengungkapkan, UK Petra juga memberikan pembekalan tes minat karir, cara membuat curriculum vitae (CV), dan LinkedIn yang menarik perusahaan. “Kalau CV atau profil LinkedIn-nya bagus, biasanya terbalik, malah perusahaan yang akan tertarik mencari pekerja,” imbuh Shinta.

Tak hanya itu, perusahaan di bidang otomotif Dokter Mobil juga akan melakukan seleksi 25 pencaker. Dari 25 itu, 10 orang yang lolos akan direkrut dan dilatih menjadi montir profesional. Begitu pula dengan perusahaan La Tulipe. Nantinya, La Tulipe akan melakukan rekrutmen dan menyeleksi 25 orang untuk menjadi profesional makeup artist (MuA). “Kemudian, 6 orang terbaik akan diberi bekal pelatihan dan mendapatkan set peralatan makeup,” pungkas Shinta. (yok)

 

Related Articles

Back to top button