Jateng Raya

Cegah Covid, Polda Jateng Siagakan Dokkes di Pengungsian Merapi

Kapolda Jawa Tengah Irjen Polisi Ahmad Luthfi saat meninjau pengungsian Merapi di desa Banyurejo, Mertoyudan Magelang

MAGELANG – HKNews.info : Warga Merapi di pengungsian mendapatkan jaminan kesehatan dari Polda Jawa Tengah dengan disiagakanya tim Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes) Polda Jateng.

Tidak sendiri, Tim dokkes bersama Urusan Kesehatan (urkes) Polres Magelang dan Dinas Kesehatan bersinergi untuk memastikan tempat pengungsian tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

“Dokkes kita juga sudah kita backupkan terkait penanganan masyarakat kita di pengungsian, kita pingin tempat pengungsian yang semacam ini protokol kesehatannya betul – betul kita perhatikan dengan dokter-dokter kita, kita sudah kerjasama dengan BNNP, provinsi dan Dinas kesehatan,” kata Kapolda Jawa Tengah Irjen Polisi Ahmad Luthfi saat meninjau pengungsian Merapi di desa Banyurejo, Mertoyudan Magelang, Rabu (11/11/2020).

Kapolda berharap dengan situasi sulit dipengungsian, protokol kesehatan warga menjadi terabaikan.

“Jangan sampai sudah diantara bencana itu kita tidak bisa mendeteksi masyarakat kita yang terdampak, sakit dipengungsian, covid. Jadi harus betul- betul pengamananya lebih, karena sangat rawan dan sangat susah memantau,” katanya saat doorstop.

Dalam arahanya Irjen Luthfi meminta agar tim dokkes dapat mendeteksi segera jika terdapat gejala covid diantara pengungsi.

“Begitu ada yang terdeteksi panas, langsung protokol kesehatan supaya tidak akan terjadi klaster baru covid,” ujar Kapolda saat memberi pengarahan.

Dalam mengevakuasi masyarakat Kapolda Jateng ingatkan anggotanya untuk tetap jaga kesehatan, Patuhi 3M, Pakai baju lengan panjang, Siapkan rencana kontijensi, dapur umum, sarana prasarana pengungsi, dan bantuan sosial.

Bagi warga sekitar Merapi Kapolda Jateng juga berpesan agar selalu waspada dan ikuti petunjuk pemerintah, Laksanakan 3M, jaga keselamatan diri, keluarga dan hewan ternak.

“Masyarakat untuk segera mengungsi ke tempat yang telah disiapkan bila status Merapi semakin meningkat,” imbau Kapolda Jateng.

Selain meninjau pengungsian Merapi di desa Banyurejo, Mertoyudan Magelang, Kapolda Jawa Tengah bersama dengan para PJU dan BPBD meninjau juga lokasi pengungsian di Klaten dan Boyolali.(had).

Related Articles

Back to top button