Jateng Raya

Pesan Pangdam IV/Diponegoro di Apel Pasukan “Ketupat Candi 2023” : “Mudik Aman Berkesan !” 

SEMARANG – HKNews.info : Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono hadiri apel gelar pasukan Kepolisian terpusat dengan sandi “Ketupat Candi 2023” dalam rangka kesiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H wilayah Jateng di Lapangan Apron Alpha Lanumad Ahmad Yani, Semarang.

Pada pelaksanaannya kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Jateng K.H. Taj Yasin Maimoen dan Kapolda Jateng Irjen. Pol. Drs. Ahmad Luthfi, S.St.Mk., S.H, Senin (17/4/2023).

Operasi Ketupat merupakan kegiatan Operasi lalu lintas yang digelar oleh Polri selama masa arus mudik dan arus balik Lebaran Hari Raya Idul Fitri.

Kegiatan tersebut juga merupakan wujud sinergitas Polri dengan Stakeholder terkait guna menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas selama Hari Raya Idul Fitri 1444 H.

Melalui sambutan Kapolri, Kapolda Jateng mengatakan Operasi Ketupat Candi 2023 dilaksanakan selama 14 hari, terhitung mulai 18 April sampai dengan 1 Mei 2023. Dengan melibatkan 148.261 personel gabungan yang ditempatkan di 2.787 pos.

“Diperkirakan potensi pergerakan masyarakat di tahun ini akan mengalami peningkatan sebanyak 44,8 persen, dari 85,5 juta pada tahun 2022 menjadi 123,8 juta di tahun 2023,” ujar Kapolda.

Kapendam IV/Diponegoro Kolonel Inf Bambang Hermanto, S.I.P., menambahkan lonjakan pergerakan masyarakat pada mudik tahun ini merupakan kebijakan Pemerintah dalam memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk melaksanakan tradisi mudik yang selama 2 tahun sebelumnya dibatasi akibat pandemi Covid-19.

“Saat ini laju pertumbuhan Covid-19 di Indonesia sudah terkendali, sehingga pada musim libur lebaran tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran berbagai aktivitas kepada masyarakat,” ungkapnya.

Diperkirakan sebanyak 30 juta pemudik akan masuk ke wilayah Jateng. Untuk itu Kapendam berpesan kepada seluruh masyarakat agar selama pelaksanaan mudik harus tetap safety, waspada dan peka terhadap lingkungan sekitar, termasuk melakukan deteksi dini cegah dini dan temu cepat lapor cepat apabila ada terjadi hal-hal menonjol di masing- masing wilayahnya atau pos-pos terdekat. Sesuai dengan temanya “Mudik Aman Berkesan”.

Usai memberikan sambutan, pada pelaksanaannya kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemeriksaan pasukan dan pemusnahan barang bukti.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kabinda Jateng Brigjen TNI Sulaiman, S.Sos.,M.H., Kajati Jateng Dr. I Made Suarnawan, SH., MH., Ketua Pengadilan Tinggi Jateng H. Charis Mardiyanto, S.H., M.H., Danlanal Semarang Kolonel Marinir Hariyono Masturi, M.Tr.Hanla., M.M., Danlanumad Ahmad Yani Kolonel Cpn Ichwan Okti Riyadi, SIP, M.I.P., Dandim 0733/KS Letkol Inf Rahmad Saerodin dan seluruh Forkopimda Jateng. (had).

Foto 1 : Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Widi Prasetijono saat pengecekan kesiapan pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1444 H wilayah Jateng.

Related Articles

Back to top button