Derap Perwira

Parade Penerimaan Caba PK TNI AD 2020, Dipimpin Langsung Pangdam IV/Diponegoro

Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si

SEMARANG – HKNews.info – Setelah berhasil melewati tahapan seleksi yang cukup ketat, sebanyak 520 orang Calon Bintara PK TNI AD Sumber Reguler Pria TA. 2020 Tingkat Panitia Daerah (Panda) Kodam IV/Diponegoro mengikuti Sidang Parade, bertempat di Balai Diponegoro, Jl. Perintis Kemerdekaan, Watugong, Semarang, Kamis (10/9/2020).

Pelaksanaan Sidang Parade Penerimaan Calon Bintara ini dipimpin langsung Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Bakti Agus Fadjari, S.I.P., M.Si. Sampai saat ini animo pendaftar tercatat sebanyak 3.145 orang. Hal ini menunjukkan bahwa minat masyarakat untuk menjadi Prajurit TNI AD masih cukup tinggi.

Dari jumlah tersebut telah dilakukan seleksi pengecekan awal oleh panitia dan yang memenuhi syarat untuk diajukan sidang parade sebanyak 520 orang. Selanjutnya dipilih untuk mengikuti seleksi tingkat Sub Panpus di Rindam IV/Diponegoro sebanyak 2x alokasi pendidikan yaitu 260 orang, termasuk didalamnya eks Catar yang gagal seleksi tingkat pusat dan berminat mengikuti  seleksi Caba PK TNI AD sumber regular pria TA 2020 Kodam IV/Diponegoro.

Perlu diketahui bahwa TNI adalah milik rakyat, artinya setiap calon memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi Prajurit TNI AD tanpa dipungut biaya sekecil apapun, meski latar belakang para calon anaknya Buruh, Petani, Tukang Ojek, Pedagang, Pegawai Negeri dan bahkan dari anggota keluarga TNI sendiri, mereka mempunyai peluang yang sama.

Pangdam mengungkapkan bahwa Panitia seleksi telah berusaha semaksimal mungkin untuk bertindak jujur, obyektif dan transparan untuk memilih calon yang paling tepat dan terbaik diantara semua calon yang ada. Sehingga diharapkan bisa menghasilkan calon Prajurit yang unggul dan berkualitas. Namun demikian dihadapkan pada keterbatasan alokasi sehingga harus ada peserta yang dieliminasi.

“Bagi yang berusia muda dan gagal, usia masih mencukupi  punya harapan tahun depan dan dapat meningkatkan level di atasnya tidak harus dipaksakan sekarang,” jelasnya.

Ditambahkan Pangdam bahwa saat ini masih dalam situasi pandemi sehingga dalam pelaksanaan seleksi harus tetap sesuai protokol Covid-19.

“Ini masih harus ada prosedur, prosedur protokol kesehatan tetap kita jaga,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kasdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Widi Prasetijono, Irdam IV/Diponegoro Brigjen TNI Aby Ismawan, S.E., M.Si., Kapok Sahli Brigjen TNI Rimbo Karyono, S.I.P., M.M,, para Asisten Kasdam IV/Diponegoro dan Kabalak jajaran Kodam IV/Diponegoro.(had).

Related Articles

Back to top button