Headline

Spesial Event Mlaku – Mlaku Nang Tunjungan, Penghargaan Bagi PE dan PM Surabaya

Event Mlaku – Mlaku Nang Tunjungan

Perhelatan event Mlaku – Mlaku Nang Tunjungan pada Minggu (1/12) yang digelar dari pukul 09.00 Wib sampai pukul 21.00 Wib, bakal dimarakkan acara spesial Awarding Pahlawan Ekonomi (PE) dan Pejuang Muda (PM) Surabaya 2019.

 Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati mengatakan, menariknya bahwa pemberian penghargaan kepada anggota PE dan PM itu atas kinerja mereka selama satu tahun. “Selama satu tahun itu yang akan diawardingkan dalam acara PE dan PM,” kata Wiwiek saat menggelar jumpa pers di Kantor Bagian Humas Pemkot Surabaya, Jum’at (29/11).

Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Surabaya, Wiwiek Widayati

 Ia menjelaskan, selama perjalanannya, banyak hal yang sudah dicapai dari para anggota PE dan PM tersebut. Bahkan untuk mendukung program tersebut, saat ini sudah ada 10 gerai yang notabene diisi produk-produk dari anggota PE itu. Pihaknya mencatat, sejak bulan Januari hingga 29 November 2019, nilai transaksi yang mereka hasilkan sudah sekitar Rp 6 miliar. “Itu adalah hasil uang dari produk-produk UKM (Usaha Kecil Menengah) yang di display di beberapa gerai dan sebagainya,” katanya.

 Sementara itu, Humas Pahlawan Ekonomi, Agus Wahyudi menjelaskan, ada 275 pelaku usaha kreatif yang bakal memeriahkan acara ini. Mereka berasal dari 31 kecamatan di Surabaya. Dari ke-275 pelaku usaha itu, 110 produk non food, 165 produk food. Menurutnya, pelaku usaha kreatif yang terpilih ikut event ini telah melalui proses seleksi ketat. “Tahun ini, Awarding Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda Surabaya dipilih sembilan pemenang dari tiga cluster, yakni Creative Industry, Home Industry, dan Culinary Business,” kata Yudi.

 Disamping itu, pada awarding kali ini juga diberikan penghargaan kepada tiga pemenang Best of The Best yang bakal mendapatkan hadiah Voucer Ads dari Facebook Indonesia. Masing-masing pemenang akan menerima USD 1.000. Facebook juga akan memberikan hadiah kepada UKM dan masyarakat umum.

Event Mlaku – Mlaku Nang Tunjungan

 Pertama, kriteria pelaku usaha yang masuk kategori High Impact. Jumlah yang dipilih tiga orang pemenang. Masing-masing akan mendapat Voucer Ads sebesar USD 300. Kedua, pelaku usaha yang masuk kategori Creative Content. Dipilih tiga orang pemenang. Masing-masing mendapat Voucer Ads sebesar UDS 300. Ketiga, hadiah untuk masyarakat umum yang masuk kriteria Movement/Making IG Stories. Hadiah diberikan kepada 22 orang. Masing-masing mendapat USD 100.

 Yudi juga mengabarkan, bahwa aktor Dennis Adhiswara, yang sukses lewat filmnya “Ada Apa Dengan Cinta (AADC)” akan ikut ambil bagian di event Mlaku – Mlaku Nang Tunjungan, ini. Ada pula fashion show yang menghadirkan 10 model dan 28 pelaku usaha fashion Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda. “Selain itu, masih ada lagi 90 group Lomba Gerak dan Lagu, Lomba Musik Patrol, Zumba Competition, dan Lomba Membuat IG Stories,” ungkapnya.

 Bahkan untuk semakin mempermudah pengunjung, selain pembayaran tunai, di acara ini juga bisa melakukan pembayaran melalui EDC (electronic data capture). “Tahun ini, target transaksi Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan Spesial mencapai Rp 2 miliar dari tahun 2018 transaksi mencapai Rp 1,5 miliar,” ujar Yudi.

 Hingga sekarang, jumlah pelaku usaha Pahlawan Ekonomi dan Pejuang Muda terus mengalami peningkatan siginifikan. Di mana sejak dirintis tahun 2010 jumlahnya 89 orang. Kemudian Tahun 2011 (759 orang, Tahun 2012 (861 orang), Tahun 2013 (1.848 orang), Tahun 2014 (2.640 orang), Tahun 2015 (3.320 orang), Tahun 2016 (5.000 orang), Tahun 2017 (8.656 orang), Tahun 2018  (10.680 orang), dan November 2019 (12.464 orang). (yok)

Related Articles

Back to top button