Halo SurabayaJatim

Kafilah Surabaya Sukses Sabet 4 Emas, Wali Kota Eri Target Juara Umum MTQ Jatim Tahun 2025

SURABAYA – HKNews.info : Perhelatan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) XXX Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023 telah sukses digelar di Pasuruan pada tanggal 29 September – 8 Oktober. Dalam perhelatan itu, kafilah asal Kota Surabaya berhasil memboyong 4 emas, 3 perak dan 1 perunggu.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengaku bersyukur, kafilah asal Surabaya meraih empat piala emas dalam perhelatan MTQ tingkat Provinsi Jatim tahun 2023. Capaian ini tentu saja meningkat dari perhelatan MTQ di dua tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah MTQ Surabaya juara (peringkat) 5 dan dua tahun kemarin tidak dapat emas sama sekali, hanya dapat perunggu dan perak. Tapi tahun ini Surabaya bisa meraih 4 emas dan 3 perak,” kata Wali Kota Eri Cahyadi, Rabu (11/10/2023).

Karenanya, Wali Kota Eri Cahyadi mengaku optimis, dalam perhelatan MTQ Provinsi Jatim pada dua tahun mendatang, kafilah Surabaya bisa meraih juara umum. Rencananya perhelatan MTQ Jatim tahun 2025 akan digelar di Jember.

“Peluang kita sangat besar dan insyaallah dua tahun lagi, (MTQ Jatim) akan ada di Jember. Maka di situlah di dua tahun ini kami akan melakukan yang sudah juara kita lakukan kembali. Yang belum (juara), kita akan ambil itu untuk mencapai emas,” katanya.

Keyakinan itu didasari Wali Kota Eri Cahyadi lantaran capaian emas kafilah Surabaya dengan juara umum tahun 2023, hanya selisih 5 emas. Oleh sebabnya, ia mengaku optimis, perhelatan MTQ Jatim tahun 2025, Kota Pahlawan bisa menjadi juara umum.

“Karena yang tertinggi juara umum kan Lamongan, dengan 9 emas, jadi selisih 5 emas. Berarti tahun depan atau dua tahun lagi, Surabaya harus juara umum,” jelasnya.

Satu di antara kafilah asal Surabaya yang sukses meraih emas dalam MTQ Provinsi Jatim 2023 adalah Fathir Zulfian Alfi. Atas keberhasilan ini, ia menyampaikan terima kasih kepada ustadz dan ustadzah, para pembina serta seluruh warga Kota Surabaya.

“Khususnya Bapak Eri Cahyadi, selaku Wali Kota Surabaya, serta semua yang telah mensupport dan mendoakan saya, keluarga teman-teman dan semuanya,” kata Alfi, sapaan lekatnya.

Alfi mengaku bersyukur, berkat doa dan dukungan semua pihak, ia berhasil menjadi juara pertama kategori MHQ (Musabaqah Hifdzil Qur’an) 1 Juz dan Tilawah Putra dalam perhelatan MTQ Provinsi Jatim 2023. “Terima kasih untuk semuanya,” pungkasnya.

Sebagai informasi, berikut ini daftar juara yang berhasil diraih kafilah Kota Surabaya dalam MTQ Provinsi Jatim tahun 2023. Untuk Juara 1, berhasil diraih pada kategori MHQ – 1 Juz dan Tilawah Putra, MHQ – 5 Juz dan Tilawah Putri, Karya Tulis Ilmiah Al-qur’an Putra serta MTQ Qiraat Sabah Murattal Dewasa Putri.

Kemudian Juara 2, diraih kafilah Surabaya dalam kategori MHQ – 10 Juz Putra, MTQ Qiraat Sab’ah Murattal Remaja Putra dan MKQ Naskah Putri. Sedangkan untuk Juara 3, diraih dalam kategori MTQ Remaja Putri.

Selain meraih emas, perak dan perunggu, beberapa kafilah asal Kota Surabaya juga berhasil menyabet sejumlah penghargaan dalam kategori lain. Yakni, tiga Juara Harapan 1, empat Juara Harapan 2 dan tiga Juara Harapan 3. (yok)

Related Articles

Back to top button