HKsianaJatim

Kapolres Bagikan Masker Di Pintu Masuk Sidoarjo. Relawan Giat Dirikan Posko Cegah Penyebaran Covid-19.

Kapolres Sidoarjo tegur pengemudi R2 yang tidak pakai masker

SIDOARJO – HKNews.info : Sebagai langkah memutus mata rantai penyebaran Virus Corona (Covid-19), Polresta Sidoarjo melakukan penertiban dan pemberian masker kepada para pengendara kendaraan roda dua dari Surabaya yang masuk ke Sidoarjo, Rabu (15/4/2020) pagi,

Tampak berdiri di depan pos lalu lintas Waru, Sidoarjo, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji bersama pejabat utama Polresta Sidoarjo serta Kapolsek Waru. Mereka menghentikan beberapa pengendara motor yang tidak mengenakan masker.

Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji kepada para pengendara menghimbau, agar mengenakan masker saat berada di luar rumah. Karena penggunaan masker adalah salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Kenapa pak kok tidak pakai masker. Ini masker dari kami, selanjutnya mohon dipakai agar jangan sampai tertular Virus Corona. Serta bila batuk atau bersin tidak sampai kena orang lain,” pesan Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji.

Penggunaan masker ini bagi masyarakat harus dilakukan, agar wabah Covid-19 tidak semakin meluas. Di lokasi, selain menyampaikan himbauan penggunaan masker, polisi juga menghimbau kepada para pengendara agar mengurangi aktifitas keluar rumah. Supaya dapat mempercepat terputusnya mata rantai penyebaran Covid-19.

Kapolres Sidoarjo bersama jajaran tinjau Posko Relawan

Sebelumnya, para Relawan Pencegahan Penyebaran Covid-19 Wilayah Sidoarjo, giat mendirikan posko – posko di beberapa titik lokasi rawan penyebaran virus corona di Sidoarjo, Jumat (10/4/2020).

Tidak hanya memantau perkembangan Covid-19 di wilayahnya, petugas di posko ini yang terdiri dari perangkat desa, para relawan dan melibatkan bhabinkamtibmas serta bhabinsa, juga akan berperan aktif dalam upaya pencegahan penyebaran Virus Corona.

Misalnya bila ada orang dari luar wilayah desa, harus diperiksa kondisi tubuh atau juga dilakukan proses sterilisasi. Kesiapan dan kesigapan pelayanan serta penanganan masyarakat, apabila ada yang terindikasi Covid-19. Dengan tersedianya ruang isolasi juga APD di tiap posko.

Selain itu, setiap Posko Relawan Pencegahan Covid-19 tingkat desa yang diketuai kepala desa masing-masing, diharapkan dapat dengan cepat memberikan informasi atau melakukan koordinasi dengan Forkopimka maupun Forkopimda Kabupaten Sidoarjo, terkait setiap perkembangan kondisi warganya yang berhubungan dengan penyebaran Covid-19.

Selain itu, para kepala desa yang menjadi koordinator di setiap posko ini nanti. Diharapkan mengontrol apabila ada warga yang datang dari luar wilayahnya, atau ada pemudik yang datang ke tempatnya.

Karena sesuai protokol kesehatan bagi warga yang tetap mudik. Salah satunya harus melakukan konservasi atau isolasi diri secara mandiri. Di sinilah peran kepala desa agar turut membantu memantau proses konservasi atau isolasi mandiri yang dilakukan warganya.

Terkait mulai didirikannya Posko Relawan Pencegahan Covid-19 yang bertempat di Balai Desa, yakni sejumlah 349 desa se-Kabupaten Sidoarjo. Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol. Sumardji menyambut antusias, dengan melakukan pengecekan langsung ke beberapa Posko Relawan Pencegahan Covid-19 tingkat desa pada Sabtu (11/4/2020).

Menurutnya, upaya memutus mata rantai penyebaran Covid-19, harus dilakukan dan melibatkan semua lini. Mulai dari pusat sampai dengan tingkat desa. Melalui adanya posko ini diharapkan seluruh desa di wilayah Kabupaten Sidoarjo dapat memaksimalkan penerapan physicaldistancing. Serta berbagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 lainnya bagi masyarakat. Seperti dilakukannya penyemprotan disinfektan, mengawasi warga di dalam desa dan yang datang dari luar desa.

“Dengan mulai berdirinya Posko Relawan Pencegahan Covid-19 tingkat desa. Para Kepala Desa beserta perangkatnya, juga ada relawan dan bhabinkamtibmas serta bhabinsa, diharapkan dapat segera bergerak ikut dengan segala upaya mempercepat putusnya mata rantai Covid-19. Warga di desanya harus diawasi, warga luar yang datang ke desanya juga harus dicek dan di steril,” paparnya.

Bahkan, melalui pengecekan posko relawan pencegahan Covid-19 tingkat desa ini pula, Kapolresta Sidoarjo berharap dapat dengan cepat mengetahui kekurangan guna penanganan Covid-19 di tiap desa. Sehingga dapat dengan cepat dilakukan koordinasi atau tindak lanjut dari tim gugus tugas Covid-19 tingkat Kabupaten. (her)

Related Articles

Back to top button