PMMB PLN Cetak Human Capital Berdaya Saing Global

SURABAYA – HKNews.info : PT PLN (Persero) kembali membuka kegiatan Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB), sebagai jawaban terhadap tantangan meningkatkan SDM (Sumber Daya Manusia) di BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Bahwa di era globalisasi ini para pelaku usaha di BUMN telah melihat ekspansi Masyarakat Ekonomi Asean yang menuntut persaingan tinggi. Sedangkan dari jumlah 70 % penduduk Indonesia usia produktif, sebanyak 50 % diantaranya masih berpendidikan rendah. Apalagi faktanya, lulusan PTN/PTS dipandang masih belum mampu memenuhi kebutuhan tenaga profesional di sektor industri. Selain itu adanya nawa cita Presiden RI untuk meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional.

Maka dari itu PT PLN (Persero) menjawab tantangan ini, dengan membuka Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB), yang kali ini melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan 4 perguruan tinggi. Mereka adalah Universitas Airlangga, Universitas Wijaya Putra, Universitas Muhamadiyah Malang, dan Institut Pertanian Bogor. Acara berlangsung di Kantor PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur, Senin 4 Maret 2019.

Kerja sama ini menyusul pelaksanaan program yang sama telah dilakukan sebelumnya dengan 9 perguruan tinggi, yakni : UI, ITB, UNDIP, UGM, ITS. UNUD. UNJ. UPI dan UNNES, pada bulan Agustus dan Novembe lalu, di Makasar. Alhasil dari kerja sama inilah melahirkan komitmen Forum Human Capital Indonesia, untuk mencetak Human Capital yang berdaya saing global.

Kegiatan PMMB ini merupakan bentuk sinergi dan dukungan semua pihak yang mengacu pada Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia nomor 36 tahun 2016 tentang Pemagangan di Dalam Negeri dan wujud nyata BUMN hadir untuk negeri. Roadmap PMMB hingga tahun 2020 menjangkau 20.000 mahasiswa.

Untuk pelaksaan PMMB di PLN batch 1 tahun 2018 sebanyak 89 mahasiswa terdiri dari: 74 mahasiswa bidang Distribusi yang magang pada bulan Oktober 2018 – Maret 2029 dan akan mengikuti uji kompetensi bulan Maret/April 2019, 15 mahasiswa bisdang diklat yang magang pada bulan Desember 2018 – Februari 2019 dan uji presentasi pada Februari 2019.

Tahun 2019 ini terdapat pertambahan jumlah peserta, pertambahan jumlah perguruan tinggi, pertambahan bidang magang serta adanya keterlibatan anak perusahaan PLN. Pada Batch 2 tahun 2019 ini terdapat sejumlah 121 mahasiswa yang terdiri dari 41 mahasiswa bidang distribusi, 53 mahasiswa bidang pembangkit, 14 mahasiswa bidang diklat dan 13 mahasiswa bidang non teknis.

Para peserta PMMB batch 2 telah mengikuti kegiatan pembekalan bidang pemeliharaan pembangkit di PLN Unit Pelaksana Diklat Suralaya, bidang pengelolaan pembangkit di PJB Academy, bidang pendidikan dan pelatihan di PLN Unit Pelaksana Diklat Jakarta serta bidang Non Teknik di PJB Academy. Selanjutnya pada bulan Maret 2019 para peserta PMMB akan mulai mengikuti kegiatan magang di unit operasional PLN dan anak perusahaan PLN.

Selain itu terdapat juga program D3 Kerjasama yang mana hingga tahun 2018 terlaksana sebanyak 632 mahasiswa bidang distribusi, dan kegiatan magang tahun 2019 sebanyak 569 mahasiswa bidang distribusi.

Melalui PMMB ini diharapkan mahasiswa dapat berkesempatan mengalami dunia kerja secara langsung, mempraktekkan ilmu perkuliahan di dunia kerja, mengetahui proses bisnis perusahaan tempat magang, interaksi langsung dengan pelaku industri, memperoleh bahan tugas akhir perkuliahan, memperoleh sertifikat kompetensi dan peluang untuk direkrut industri.

PLN berterima kasih kepada seluruh Perguruan Tinggi yang sudah terlibat untuk bersama saling merangkul untuk meningkatkan kompetensi SDM anak negeri. Semoga kegiatan ini memberi sumbangsih untuk perbaikan kualitas kerja Bangsa Indonesia. (Siaran Pers PLN).

Related posts