BudayaHalo SurabayaHeadlineNasional

Surabaya Great Expo 2017 Kembali Genjot Gairah UKM

HKNews.info – Surabaya : Event tahunan berupa “Surabaya Great Expo 2017” akan digelar lagi pada 30 Agustus hingga 3 September mendatang. Kali ini gelaran akbar khas Surabaya yang di dalamnya memamerkan produk – produk industri, perdagangan, perbankkan, investasi, pariwisata, serta produk UKM sebagai sektor yang diutamakan, semua itu bakal unjuk kebolehan di Atrium dan Multifanction Room Grand City Surabaya.

Sudah barang tentu penyelenggaraan SGE tahun ini tampak ada peningkatan dibanding tahun – tahun sebelumnya. Hal itu seiring pula dengan peningkatan pertumbuhan ekonomi Surabaya yang kian tahun kian menanjak. “Contoh ekonomi di bidang properti yang sejak tahun 2012 hingga kini melonjak lima kali lipat,” tutur Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, pada kesempatan sebelumnya. Menurutnya, pertumbuhan ekonomi Surabaya melebihi Jakarta, Bandung, dan Semarang. Karena itu melalui event SGE 2017, Risma berharap bisa membantu proses pemasaran usaha para pelaku UKM.

Seperti diungkapkan pula oleh Kepala Dinas Perdagangan Kota Surabaya, Arini Pakistyaningsih, kepada wartawan di kantor Bagian Humas Pemkot Surabaya, Senin siang (24/7), produk – produk yang bakal dipamerkan kali ini lebih berkwalitas hingga membuat SGE 2017 menjadi spesial.

Lagi – lagi event ini menjadi kesempatan besar bagi para pelaku UKM di Kota Surabaya untuk mengenalkan produk-produknya ke pasar yang lebih luas, utamanya UKM binaan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Mereka adalah UKM – UKM terpilih yang dinilai mampu bersaing dengan produk – produk dari luar kota maupun di pasaran internasional.

“Boleh dibandingkan produk-produk UKM kita dengan produk serbuan dari luar negeri. Saya optimistis, produk-produk UKM kita berpotensi dan tidak kalah kualitasnya dengan produk dari luar negeri,” ungkap Arini, seraya menambahkan, pihaknya selama ini telah mengembangkan UKM Surabaya, dari embrio sampai besar dengan omzet yang terus meningkat, melalui bimbingan pelatihan dan pemasaran yang kontinyu. Termasuk memberikan kemudahan perijinan dan mencari ruang bagi pemasaran produk – produknya.

“Saat ini produk-produk UKM Surabaya ada di Cito, Siola, Royal, ITC dan MERR. Kami juga akan menyasar ke bandara, pelabuhan dan park and ride. Dan kalau jadi juga di roof top. Kami punya di Siola lantai 8, mudah-mudahan difasilitasi,” jelas mantan Kepala Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya ini.

Boediono dari perwakilan penyelenggara SGE menambahkan, Surabaya Great Expo2017 menjadi momentum bertemunya pelaku UKM, pengusaha dan masyarakat. Nantinya, total akan ada 118 stan dengan rincian 68 stan di main lobby dan 50 stan di lantai II. Dia optimistis, warga Surabaya dan juga dari luar Surabaya, akan antusias untuk ikut meramaikan SGE yang berlangsung dari hari Rabu hingga Minggu mulai pukul 10.00-22.00 WIB. Dia menargetkan ada kenaikan jumlah pengunjung SGE yang tahun lalu mencapai 25 ribu orang, menjadi 27 ribu pengunjung. “Mudah – mudahan juga jumlah transaksi nya juga naik. Kami menargetkan jumlah transaksi mencapai Rp 5 miliar (dari 4,5 miliar tahun lalu),” ujar Boediono.

Kabag Humas Pemkot Surabaya, Muhammad Fikser menambahkan, pemindahan jadwal event Surabaya Great Expo dari Mei ke Agustus, tidak akan mengurangi kemeriahan acara. Malah, SGE 2017 ini akan lebih semarak. Ini karena akan ada event besar internasional di Surabaya yang juga digelar pada Agustus mendatang. “Agustus nanti, Surabaya akan menjadi venue agenda internasional. Diantaranya Surabaya Half Marathon dan Indonesian Channel yang tentunya akan mendukung semarak Surabaya Great Expo,” jelas Fikser. (yok)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button