Halo Surabaya

Launching Surabaya Expo Center di Lahan Eks TRS, Pemkot Gelar Pasar Rakyat Hingga Konser Musik 

SURABAYA – HKNews.info : Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan membuka lahan eks Taman Remaja Surabaya (TRS) pada Sabtu, 17 Agustus 2024. Bertepatan di Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia, lahan eks TRS di Jalan Kusuma Bangsa Surabaya itu akan dilaunching dengan nama baru, yakni Surabaya Expo Center (SBEC). Di dalamnya, pemkot akan menggelar pasar rakyat hingga konser musik.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Heri Purwadi mengatakan, SBEC dibuka mulai pukul 15.00 hingga 22.00 WIB. Pemkot Surabaya pun turut menghadirkan para penyanyi legendaris asal Kota Pahlawan, seperti Klantink, Ita Purnamasari dan Roy Jeconiah.

“Ada band indie dan DJ juga yang akan menghibur masyarakat, dan ada penutupan Paskibraka. Kita berharap SBEC menjadi destinasi baru, karena Pemkot Surabaya sudah memiliki tempat di lahan eks TRS. InsyaAllah ke depan, pengembangan THR juga akan dilakukan oleh Pemkot Surabaya,” kata Heri Purwadi dalam konferensi pers di Kantor Dinkominfo Surabaya, Jumat (16/8/2024).

Heri Purwadi menyampaikan launching SBEC akan diresmikan langsung oleh Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Dimana Wali Kota Eri memanfaatkan lahan tidur, di lahan eks TRS dan menjadikannya sebagai SBEC. Saat launching nanti, SBEC dibuka secara gratis bagi masyarakat. Tujuannya adalah memperkenalkan SBEC kepada masyarakat.

“Ini adalah tempat yang diidam-idamkan, sebab Wali Kota Eri Cahyadi berinisiatif menjadikan tempat itu agar bisa meningkat PAD (Pendapatan Asli Daerah). Bahwa Surabaya telah memiliki tempat untuk konser dan pameran, serta bisa berdampak secara ekonomi bagi masyarakat sekitar,” ujarnya.

Selain konser musik saat launching SBEC, pemkot juga menggandeng 40 UMKM kuliner, dan membuka pasar rakyat. Sedangkan di puncak acara akan ditutup dengan pesta kembang api. Di pasar rakyat itu, terdapat berbagai wahana permainan yang bisa dinikmati oleh pengunjung hingga 24 Agustus 2024.

“Tentunya ini akan menjadi kebanganggan bagi masyarakat karena di launching tepat pada 17 Agustus, bertepatan dengan HUT ke-79 RI. Dengan adanya SBEC diharapkan bisa menggaet promotor dan EO (Event Organizer) untuk menggelar konser sehingga pendapatan Kota Surabaya dan UMKM bisa meningkat,” terangnya.

Heri Purwadi mengaku, meski belum di launching oleh Wali Kota Eri, tetapi beberapa beberapa promotor dan EO telah melakukan survei di lahan eks TRS itu. Berdasarkan hasil survei, mereka merasa senang karena Pemkot Surabaya tidak berbelit- belit terkait harga sewa dan sangat terjangkau.

“Kami berharap SBEC bisa memikat promotor lainnya untuk menggelar konser atau pameran untuk mendongkrak PAD. Bahkan tanggal 25 Agustus besok sudah mulai loading peralatan untuk konser di tanggal 31 Agustus. InsyaAllah, pemkot juga akan menggelar konser kembali pada September dengan mendatangkan band Padi,” pungkasnya. (yok)

Related Articles

Back to top button