Jateng Raya

Satlantas Polres Demak Minta Masyarakat Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas

DEMAK – HKNews.info : Satlantas Polres Demak mengimbau agar masyarakat meningkatkan kesadarannya berlalu lintas saat berkendara. Pasalnya saat ini sedang diadakan Operasi Zebra Candi 2022 pada tanggal 3-16 Oktober 2022.

“Jadi dengan tujuan ini kami berharap bahwa bukan berapa banyak Polri mampu memberikan hukuman menilang para pelanggar, tapi seberapa tinggi kesadaran masyarakat selama operasi ini bisa dicapai,” tutur Kasatlantas, AKP
M Gargarin Priyandi, Selasa (4/10/2022).

Adapun tujuan operasi Candi Zebra 2022 diharapkan dapat menurunkan jumlah pelanggaran lalu lintas dan fatalitas korban kecelakaan, serta meningkatkan disiplin para pengguna jalan, dan potensi pelanggaran seperti pengendara anak di bawah umur, menggunakan gawai, dan lain-lain.

Beberapa masyarakat yang cenderung melalaikan penggunaan seat belt, padahal alat tersebut didesain untuk membantu mengurangi fatalitas, apabila terjadi kecelakaan ini jenis-jenis pelanggaran yang sering masih dihadapi di lapangan.

“Penindakan selain dilakukan manual dan elektronik melalui Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), akan ada imbauan juga dari petugas lapangan. Maka dari itu kami mengajak masyarakat untuk berkendara sesuai prosedur,” imbau Kasatlantas.

Metode penegakan hukum dilaksanakan baik secara elektronik melalui pantauan kamera CCTV yang tergelar di jalan menggunakan ETLE. Selain itu juga ada personil yang membawa secara mobile alat-alat teknologi, “Dengan kehadiran petugas di lapangan juga dalam rangka mengedukasi,” pungkasnya. (had).

Related Articles

Back to top button