Jateng Raya

Forum LPMK Candisari Gelar Bazar dan UMKM, Bagikan 250 Paket Sembako Gratis

SEMARANG – HKNews.info : Forum lembaga pemberdayaan masyarakat kelurahan (F-LPMK) Kecamatan Candisari menggelar Bazar dan UMKM bertempat di Balai Kecamatan Candisari, Sabtu (6/8/2022).

Kegiatan bazar dan UMKM dilaksanakan bergabung dengan program layanan publik akhir pekan dan malam hari yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kecamatan Candisari ini, Forum LPMK Candisari membagikan 250 paket sembako gratis yang diberikan kepada warga kurang mampu di tujuh kelurahan se- Kecamatan Candisari.

“Alhamdulillah, meskipun dalam jumlah kurang memadai dalam acara bazar dan UMKM Forum LPMK Kecamatan Candisari tahun ini, kita masih dapat berbagi sesama dengan memberikan bantuan sosial sembako gratis bagi warga kurang mampu di wilayah Kecamatan Candisari,” ucap Ketua Forum LPMK Candisari, Rustamadjie di sela kegiatan.

Tradisi tahunan bakti sosial yang biasanya digelar saat Ramadhan menjelang Hari Raya Idul Fitri ini menjadi andalan program tahunan Forum LPMK Candisari masih tetap dipertahankan karena mempunyai nilai sosial tinggi dalam rangka membantu warga kurang mampu menyambut datangnya Idul Fitri.

Namun karena beberapa hal, kegiatan bazar dan bakti sosial pada tahun 2022 dilaksanakan pada saat berbeda.

“Pada tahun sebelumnya kita Forum LPMK Candisari dapat menyediakan paket sembako tak kurang dari 1000 paket menjelang Hari Raya Idul Fitri, namun karena persiapan kurang memadai pada tahun 2022 ini kita hanya dapat menyediakan 250 paket sembako gratis,” ungkap Rustamadjie.

Kegiatan baksos yang rutin digelar pihaknya pada tahun sebelumnya dapat terlaksana atas dukungan para pengusaha dan perusahaan yang ada di wilayah Kecamatan Candisari serta support dari beberapa instansi yang peduli dengan kegiatan Forum LPMK Candisari.

Selain baksos, Forum LPMK Candisari juga menggandeng para pelaku UMKM dalam rangka ikut membantu memasarkan hasil produksinya sehingga nantinya dapat lebih dikenal oleh masyarakat sekitar dan dapat meningkatkan taraf ekonomi keluarga.

“Kita juga menggandeng pelaku UMKM untuk menampilkan produk-produk industri kecil yang ada di Kecamatan Candisari. Paling tidak kita turut serta membantu dalam memasarkan hasil olahan masing-masing UMKM, sehingga dapat lebih dikenal oleh masyarakat sekitar dan dapat meningkatkan ekonominya,” imbuh Rustamadjie yang aktif di beberapa lembaga di Kota Semarang ini.

Seperti yang diungkapkan Robby Agus Armansyah (60) warga Kelurahan Tegalsari merasa senang mendapatkan bantuan berupa paket sembako gratis dari Forum LPMK Candisari.

“Senang sekali mendapat bantuan paket sembako gratis dari LPMK Candisari. Apalagi di bulan Agustus ini bertepatan dengan hari ulang tahun saya, dapat sembako gratis, dan sekaligus bisa vaksin ketiga (booster),” ucap Agus dengan sumringah.

Senada dengan Agus, Sulasih (55) warga Jangli Krajan, Kelurahan Jatingaleh mengaku senang mendapat bantuan sembako gratis di acara bazar dan UMKM Forum LPMK Kecamatan Candisari.

“Ya senang mas, wong dapet sembako gratis, dapat membantu kebutuhan rumah,” tutur Sulasih.

Dalam pelayanan publik akhir pekan dan malam hari putaran ke 4 di Kecamatan Candisari ini diharapkan dapat memberi kemudahan bagi warga yang disibukkan dengan pekerjaan di hari-hari biasa, sehingga di akhir pekan dan malam hari bisa memanfaatkan pelayanan administrasi yang telah disiapkan oleh jajaran Kecamatan Candisari, mulai dari pelayanan kependudukan, pembayaran PBB, DPMPTSP, Perpustakaan serta layanan vaksinasi booster bagi warga yang belum vaksin. (had).

Related Articles

Back to top button