HeadlineHukrim

Kejati Jatim Periksa La Nyala Mataliti Soal Dugaan Korupsi Kadin

La-Nyalla-MatalitiSurabaya, HKNews :  Menindak-lanjuti pemeriksaan kedua tersangka Nelson Sembiring dan Diar Kusuma Putra, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jatim menjadwalkan pemeriksaan terhadap Ketua Umum PSSI La Nyala Mataliti, Selasa (31/03).

Ia diperiksa dalam kasus dugaan ‎korupsi dana Hibah Kadin 2012 dan 2013 sebesar Rp 20 miliar, yang menjerat Nelson Sembiring dan Diar Kusuma Putra. “Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi,” kata Romy Arizyanto Kesipenkum Kejati Jatim saat dikonfirmasi.

Rommy menerangkan, La Nyala Mataliti tiba di kantor Kejati Jatim sekitar pukul 09.00 WIB. dan kedatangannya guna diperiksa di lantai 5 dalam kasus dana Hibah Kadin.

“Dia diperiksa di ruang penyidikan lantai 5, sebagai saksi untuk kedua tersangka,” terangnya. Rommy. mengungkapkan, Nelson Sembiring dan Diar Kusuma Putra disangka melanggar Pasal 2 ayat (1) atau Pasal 3 Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

“Ia diduga melakukan mark up atau pengelembungan anggaran. Kerugian negara dalam kasus itu sebesar Rp 20 miliar,” ungkapnya. Korupsi Kadin berawal dari kucuran dana hibah Pemerintah Provinsi Jawa Timur ke Kadin Jawa Timur lewat anggaran daerah 2012 dan 2013 sebesar Rp 20 miliar.

Jaksa menemukan data bahwa laporan pertanggungjawaban atas penggunaan dana tersebut tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan. Hasil penyidikan Kejati Jawa Timur menyimpulkan telah terjadi penyimpangan dalam penggunaan dana tersebut.

Korupsi Kadin berawal dari kucuran dana hibah Pemerintah Provinsi Jawa Timur ke Kadin Jawa Timur lewat anggaran daerah 2012 dan 2013 sebesar Rp 20 miliar. Namun Penyidik kejaksaan menemukan data bahwa laporan pertanggungjawaban atas penggunaan dana tersebut tidak sesuai dengan kenyataan di lapangan. Selanjutnya hasil penyidikan Kejati Jawa Timur menyimpulkan telah terjadi penyimpangan dalam penggunaan dana tersebut, kemudian menahan Wakil Ketua Umum Kadin Jawa Timur Bidang Usaha Kecil Menengah yang juga pengurus klub Persebaya Surabaya Diar Kusuma Putra dan Wakil Ketua Kadin Jawa Timur Bidang Energi Sumber Daya Mineral Nelson Sembiring. (Her)

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button