Jateng Raya

Kabag Ops Polres PurbaIingga Sosialisasikan Aplikasi Si Braling Tangguh Candi di Bukateja

PURBALINGGA – HKNews.info – Polres PurbaIingga melalui Kabag Ops Kompol Pujiono menyosialisasikan aplikasi bernama Si Braling Tangguh Candi kepada Bhabinkamtibmas, Babinsa dan bidan desa di Pendopo Wiro Hutomo Kecamatan Bukateja, Selasa (2/3/2021).

Aplikasi yang disosialisasikan merupakan inovasi dari Polres Purbalingga untuk mendata warga terpapar Covid-19. Dimana dengan aplikasi tersebut bisa dilakukan monitoring secara faktual jumlah warga terkonfirmasi positif Covid-19 maupun warga yang sudah dinyatakan sembuh.

Kabag Ops Polres Purbalingga Kompol Pujiono mengatakan bahwa aplikasi yang disosialisasikan berfungsi untuk melakukan pendataan warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Aplikasi bisa diupdate permenit oleh masing-masing operator yang mengawaki di Posko PPKM Berskala Mikro tiap desa.

“Aplikasi ini sangat sederhana tapi bisa membaca update warga yang terpapar Covid-19 maupun yang sudah dinyatakan sembuh di masing-masing desa tiap harinya,” ucapnya.

Disampaikan Kabag Ops bahwa aplikasi ini nantinya diawaki oleh masing-masing bidan desa yang menjadi bagian di Posko PPKM tingkat desa. Sedangkan dalam pelaksanaannya dibantu oleh Bhabinkamtibmas dan Babinsa di seluruh desa wilayah Kabupaten Purbalingga.

“Dengan aplikasi ini akan bisa dilakukan monitoring jumlah sebaran kasus positif Covid-19 di Kabupaten Purbalingga. Dengan demikian bisa digunakan sebagai dasar menentukan langkah pencegahan penyebarannya,” jelas Kabag Ops.

Kabag Ops menambahkan bahwa sosialisasi akan dilakukan di seluruh kecamatan secara bergantian. Tujuannya seluruh komponen terkait di semua kecamatan bisa mengetahui tentang aplikasi ini dan bisa menggunakannya. Sehingga monitoring sebaran kasus Covid-19 bisa diketahui secara pasti.

Dalam sosialisasi yang dilakukan di wilayah Kecamatan Bukateja, Kabag Ops menyampaikan tata cara input data melalui aplikasi. Kegiatan diikuti 14 Bhabinkamtibmas dari Polsek Bukateja, 14 bidan masing-masing desa dan 5 Babinsa Koramil Bukateja.(had)

Related Articles

Back to top button