Nasional

Dukung Forum Smart City Nasional 2023, Performa Optima Group Hadirkan Pameran Infrastruktur

SURABAYA – HKNews.info : Pameran Infrastruktur dan Forum Smart City Nasional 2023 yang digelar oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI bersama Pemerintah Kota (pemkot) Surabaya mendapat dukungan penuh oleh Performa Optima Group. Yakni, salah satu perusahaan berbasis teknologi informasi, yang bergerak dalam bidang pengadaan barang dan jasa serta telah menjadi penyedia e-catalogue Nasional.

Pada kegiatan tersebut, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi bersama Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi Kemenkominfo RI membuka gelaran Pameran Infrastruktur dan Forum Smart City Nasional 2023, di Shangri-Hotel, Senin (12/6/2023). Kegiatan berlangsung secara tatap muka, mulai 12-14 Juni 2023 dengan mengundang 514 Walikota, Bupati, serta Kepala OPD dalam bidang Komunikasi dan Informatika, Kesehatan, serta Pengerjaan Umum.

Setelah membuka gelaran Pameran Infrastruktur dan Forum Smart City Nasional 2023, Wali Kota Eri Cahyadi berkeliling di 50 stand pameran secara bergiliran. Ia melihat berbagai produk di Pameran Infrastruktur dalam bidang teknologi informasi.

“Semua daerah bisa melihat dan mengintegrasikan pelayanan publik, jadi akan saling melengkapi antar daerah untuk membuat yang terbaik bagi kepentingan rakyat. Terima kasih sudah diletakkan di Surabaya yang bisa menjalankan Smart City. Serta, terima kasih Performa Optima Group yang sudah memberikan dukungan penuh dalam kegiatan ini,” kata Wali Kota Eri Cahyadi.

Sementara itu, Presiden Direktur Performa Optimal Grup, Stefanus Sugeng Irawan menyampaikan bahwa sejak tahun 2007, pihaknya terus mendukung pembangunan berbasis teknologi informasi di Kota Surabaya. Sebab, High Technology (teknologi tinggi) yang dimiliki Kota Surabaya, mampu bersaing dengan kota besar lainnya di Indonesia.

“Karena saya warga Surabaya dan memiliki kewajiban untuk membangun Kota Surabaya menjadi kota yang High Technologi. Kita setiap tahun, selalu menawarkan IT (Information and Technology) yang bisa diaplikasikan di Dinas (OPD) Surabaya,” kata Stefanus.

Sebab, menurutnya, teknologi informasi yang dimiliki oleh Kota Surabaya merupakan salah satu IT yang terbaik di Indonesia. Hal ini telah dilanjutkan oleh Wali Kota Eri Cahyadi dari kepemimpinan sebelumnya Walikota sebelumnya yang menciptakan berbagai inovasi. Yakni, kemudahan teknologi berbasis dalam satu genggaman atau control in one hand.

“Seperti saat Pak Eri saat memberikan pemaparan tadi, dengan IT semuanya bisa terlihat, mulai dari kinerja, hingga warga bisa mengakses secara langsung. Surabaya masih the best (terbaik) dari kota yang lain. Bahkan dengan Jakarta pun, lebih bagus Surabaya dari sisi teknologi,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dengan demikian Pemkot Surabaya telah melakukan transformasi digital. Serta tengah melakukan efisiensi layanan digital dalam segala bidang. Bahkan, seusai membuka kegiatan tersebut, beberapa Bupati/Walikota daerah lainnya langsung menemui Wali Kota Eri Cahyadi untuk menyampaikan keinginan mereplikasi berbagai program teknologi informasi milik Pemkot Surabaya.

“Lebih cepat dan lebih mudah, serta user friendly (ramah pengguna) karena Surabaya sangat bersaing dengan kota-kota besar di Indonesia. Beberapa Bupati/Walikota di tempat lainnya setelah melihat paparan Pak Eri kaget, Surabaya bisa sampai sejauh ini. Pak Wali pun mempersilahkan mereplikasi aplikasi yang dibuat oleh Surabaya untuk dipakai kota lain,” jelasnya.

Meski demikian, Stefanus menerangkan bahwa Performa Optima Group turut mendukung pengembangan program Smart City di Kota Surabaya. Salah satunya adalah Smart Environment, yakni pembangunan tata kelola lingkungan yang baik dan cerdas.

“Dalam kegiatan ini, jenis produk yang dipamerkan arahnya ke komunikasi dan informatika. Sehingga condong ke data center, efisiensi jaringan, dan software aplikasi yang bisa digabungkan dengan hardware. Jadi bisa menjadi satu sistem yang terintegrasi,” pungkasnya. (yok)

Related Articles

Back to top button