Nasional

Produksi Pangan Jatim Andalan Nasional

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi Jawa Timur, Hadi Sulistyo

SURBAYA – HKNews.info : Merupakan kebanggaan Propinsi Jawa Timur yang mampu memproduksi pangan bukan hanya untuk konsumsi jawa timur saja, melainkan menjadi andalan nasional.

“Kami sampaikan untuk komoditi padi jawa timur berkontribusi kepada nasional sebesar 18,6%, jadi kalau jawa timur produksi padinya rendah maka nasional akan goyah,” tutur Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Propinsi Jawa Timur, Hadi Sulistyo, dalam sambutannya pada acara pelantikan DPP Perempuan Tani HKTI Jawa Timur, masa bhakti 2019 – 2024, di Mojokerto, Selasa (26/10).

Untuk diketahui, tiap tahun produksi padi jawa timur tidak pernah minus, selalu surplus. Untuk tahun ini produksi padi jawa timur surplus 2,4 juta ton. Komoditi jagung terhadap nasional sebesar 21,8%, untuk komoditi kedelai terhadap nasional berkisar 25,3%. Cabai merah 8,5%, cabai rawit 33,9%, bawang merah 7,62%, gula 51%, daging sapi 19,94%, dan telur 20,6%. Dengan data itu tampak bahwa Jawa Timur sangat besar sekali kontribusinya terhadap nasional.

Sejalan hal tersebut ekonomi jawa timur di triwulan pertama 2019, terhadap triwulan satu 2018 tumbuh 5,51%. Pertumbuhan tertinggi terjadi pada lapangan usaha, jasa kesehatan dan kesejahteraan sosial, sebesar 7,86% diikuti industri pengolahan sebesar 7,26% penyediaan akomodasi dan makan – minum sebesar 0,87%.

Perekonomian jawa timur di triwulan pertama 2019 berdasarkan produk domestik regional bruto (PDRB) mencapai Rp 561,55 triliun, keberhasilan tersebut adalah buah berani koordinasi dan sinergi yang dalam beberapa hal telah memberikan manfaat atas peningkatan pendapatan dari para petani. (her)

Related Articles

Back to top button