Halo Surabaya

Segera Daftarkan Diri, Pemkot Surabaya Buka Pendaftaran PCNS 2023

SURAABAYA – HKNews.info : Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menggelar kembali Roadshow Pemilihan Pemilihan Duta Wisata Cak dan Ning Surabaya (PCNS) 2023, di halaman Balai Pemuda, Sabtu (16/9/2023). Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya melalui Paguyuban Cak dan Ning Surabaya membuka kesempatan bagi pemuda pemudi Kota Pahlawan untuk menjadi bagian dari Cak dan Ning Surabaya di 2023.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan, pada tahun ini pemilihan Duta Wisata Cak dan Ning Surabaya mengusung tema “Kedigdayaan Arek Suroboyo”. Tema tersebut melambangkan ciri khas arek Suroboyo yang memiliki jiwa kuat, berani, kompak, bermental baja, kreatif, dan inovatif.

“Diharapkan pemuda pemudi yang memiliki semangat ini bisa berkontribusi lebih bagi Kota Surabaya. Bukan hanya di sektor budaya dan pariwisata, akan tetapi juga berkontribusi di bidang pembangunan Kota Surabaya,” kata Wali Kota Eri Cahyadi dalam sambutannya yang disampaikan oleh Staf Ahli Walikota Bidang Pembangunan, Ekonomi, dan Keuangan Tomi Ardiyanto.

Wali Kota Eri berharap, dengan adanya pemilihan Duta Wisata Cak dan Ning Surabaya kali ini bisa memberikan manfaat baik bagi pemuda pemudi Kota Surabaya ke depanya. Ia menambahkan, Cak dan Ning memiliki peran penting dalam mengenalkan seni dan budaya serta pariwisata di Kota Surabaya.

“Maka dari itu, mari para pemuda pemudi berpartisipasi dalam pemilihan duta wisata Cak dan Ning Surabaya tahun 2023. Jadikan kegiatan ini bagian dari pembangunan di Kota Surabaya,” ujarnya.

Di samping itu, Ketua Umum Paguyuban Cak dan Ning Surabaya Sereza Buana Febrian menyampaikan, pemilihan dan pendaftaran Cak dan Ning Surabaya 2023 telah dibuka melalui roadshow pertama yang digelar pada hari ini (16/9/2023) di Balai Pemuda Surabaya. Sereza menargetkan, tahun lebih banyak pemuda pemudi yang berpartisipasi dalam PCNS 2023.

“Kami harap PCNS kali ini dapat menjaring generasi muda Surabaya secara lebih luas secara

merata di seluruh bagian Kota Surabaya. Selain mengajak berpartisipasi menjadi bagian dari keluarga besar Cak dan Ning Surabaya, diharapkan bisa menjadi wadah untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia,” ujar Sereza.

Sereza menyebutkan, berbagai agenda dan materi terbaik akan disiapkan dalam PCNS 2023. Bekal itu nantinya diharapkan bisa memberikan performa serta output yang maksimal bagi calon Duta Wisata Cak dan Ning. Tak hanya dalam masa pemilihan materi itu diberikan, akan tetapi juga pada saat masa jabatan hingga seterusnya.

Rangkaian kegiatan roadshow ini akan berjalan beriringan dengan pengisian form pengembalian serta verifikasi berkas pendaftaran yang akan dimulai pada 16 September – 26 Oktober 2023. Rangkaian PCNS 2023 akan berakhir di Grand Final yang akan diselenggarakan pada 18 November 2023 mendatang.

Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, persyaratan PCNS 2023 minimal usia 18 tahun dan maksimal 24 tahun terhitung mulai tanggal 3 November 2023 serta wajib ber-KTP Surabaya. Peserta juga harus memenuhi persyaratan lain diantaranya, sehat jasmani rohani, belum pernah menikah, tidak sedang mengikuti pemilihan duta kampus atau duta lainnya, dan yang paling penting belum pernah mengikuti ajang pemilihan duta wisata di daerah lain.

“Untuk detail dan syarat administratif lainnya dapat diakses melalui laman resmi Pemkot Surabaya, tourism.surabaya.go.id dan akun sosial media resmi atau instagram Cak dan Ning Surabaya,” pungkasnya. (yok)

Related Articles

Back to top button