Jateng Raya

Bupati dan Kapolres Demak Lakukan Pengecekan Vaksinasi PMK Tahap Pertama

DEMAK – HKNews.info – Menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, berbagai upaya untuk mencegah rantai penularan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bagi ternak dan hewan qurban terus dilakukan secara progresif di Kabupaten Demak.

Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono bersama Bupati Demak Eisti’anah serta Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Agus Hermawan melakukan peninjauan pelaksanaan penyuntikan vaksin PMK dan pemberian vitamin bagi ternak sapi dan kerbau yang dipusatkan di kandang kelompok ternak, Desa Sidorejo, Kecamatan Karangawen, Senin (27/6/2022).

Kapolres Demak mengatakan, kegiatan vaksinasi ternak yang dilakukan adalah langkah tepat untuk mencegah penularan PMK pada hewan ternak di Kabupaten Demak.

“Kegiatan vaksin PMK merupakan langkah simultan dalam upaya pencegahan yang dilakukan selama ini, seperti melakukan berbagai upaya pembatasan lalu lintas ternak masuk dan keluar, serta membuka layanan pengaduan bila masyarakat menemukan adanya gejala air liur berlebih atau luka disekitar mulut dan kuku kaki ternak,” kata Budi.

Dikatakanya, kegiatan ini merupakan pertama kali dilakukan di Kabupaten Demak dengan menyediakan 500 dosis vaksin. Kedepannya akan dilakukan vaksinasi secara bertahap hingga merata di wilayah Kabupaten Demak.

“Dalam tahap pertama ini kami menyediakan 500 dosis untuk 500 sapi dengan masa expired sampai tanggal 2 Juli 2022. Vaksinasi PMK ini akan kita lakukan secara bertahap hingga dapat menyeluruh dan merata di wilayah Kabupaten Demak,” ungkapnya.

Budi menambahkan, pihaknya akan terus bersinergi dengan dinas terkait utuk pencegahan penularan wabah PMK di Kabupaten Demak. Peternak juga di imbau untuk tetap menjaga kesehatan hewan ternak miliknya agar terhindar dari PMK.

“Diharapkan para peternak untuk selalu memperhatikan kesehatan hewan ternak dan kebersihan kandang. Menjelang Idul Adha ini, masyarakat di imbau untuk tidak takut berqurban dan selalu mengecek kesehatan hewan yang akan di qurban sehingga terhindar dari PMK,” pungkasnya. (had).

Related Articles

Back to top button