Halo Surabaya

Kementerian Kesehatan RI Bantu Pemkot Surabaya 4 Ribu Alat Tes Swab

Wali Kota Risma Teleconference Penerimaan Bantuan Dari Kemenkes RI

SURABAYA – HKNews.info : Pemerintah  Kota (Pemkot) Surabaya menerima bantuan alat-alat kesehatan (alkes) dari Kementerian Kesehatan RI pada Kamis malam (30/4/2020). Bantuan alkes berupa alat tes swab jenis PCR (Polymerase Chain Reaction) dan Kit itu dikirim ke Surabaya secara bertahap, sementara ini baru 2 ribu yang tiba di Surabaya dan 2 ribunya lagi masih proses pengiriman.

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyampaikan terima kasih kepada Menteri Kesehatan RI Letjend TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K)RI karena telah membantu pemerintah kota dalam penanganan Covid-19. “Saya sampaikan terima kasih ke Pak Menteri sudah dibantu. Alat-alat kesehatan itu tadi malam sudah sampai (di Surabaya),” kata Wali Kota Risma, Jumat (1/5/2020).

Presiden UCLG Asia Pasifik ini mengungkapkan, bantuan tersebut sangat berarti bagi Pemkot Surabaya, karena sejumlah pasien yang berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Tanpa Gejala (OTG) hingga saat ini masih menunggu tes swab di rumah sakit maupun di rumahnya, sembari mereka melakukan isolasi mandiri.

Kabag Humas Pemkot Surabaya Febriaditya, menunjukkan surat Menkes RI terkait bantuan alkes kepada Pemkot Surabaya

Sementara itu, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Febriadhitya Prajatara mengatakan, dengan alat kesehatan itu diharapkan bisa memutus mata rantai penularan Covid-19, karena memudahkan pemilahan mana yang negatif dan positif. Dengan adanya bantuan PCR dan Kit dari Kementrian Kesehatan, nantinya akan ditindaklanjuti dengan melakukan pemeriksaan terhadap OTG, ODP dan PDP.

“Pemeriksaan secara masif terhadap OTG, ODP dan PDP sesuai data pemerintah kota akan terus dilakukan, apalagi sudah ada bantuan alat ini,” katanya.

Adapun sejumlah barang alkes yang diterima Pemkot Surabaya dari Kementrian Kesehatan adalah MA-6000 Real Time PCR System sebanyak 1 unit, Novel Coronavirus (2019-nCov) Nucleic Acid Diagnostic Kit (PCR Flourescence Probing) 84 Pack yang masing-masing berisi 24 test, Sample Release Reagent 84 Pack masing-masing terdapat 24 test, Throat swab and sample storage reagent 84  Pack yang masing-masing berisi 24 test, serta PCR Tube 84 Pack yang per pack-nya terdiri dari 24 test.

Febri memastikan bahwa saat ini Pemkot Surabaya masih menunggu 2.000 unit Reagen Extract RNA dari BNPB- Litbangkes yang sampai saat ini masih dalam proses pengiriman.

“Sekarang ini baru berangkat, untuk dikirim ke Surabaya,” tutur mantan Kabid Pengembangan SDM Satpol PP.

Bantuan dari Kementrian Kesehatan tersebut diberikan setelah Wali Kota Risma berkomunikasi langsung dengan Menteri Kesehatan guna  mendapatkan bantuan PCR untuk tes Swab Test. Pada tanggal 25 April lalu, bantuan berupa reagent PCR dari Kemenkes telah disalurkan melalui Tim gugus Tugas Provinsi Jawa Timur.

Namun, karena hingga tanggal 29 April bantuan itu belum diterima, Wali Kota Risma kembali meminta bantuan Kemenkes. Setelah mendengar informasi dari Wali Kota Surabaya, Kemenkes langsung mengirim alkes berupa PCR dan Kit yang akhirnya diterima pada Kamis (30/4/2020) malam. (yok)

Related Articles

Back to top button