Kapolsek Karangpilang : “Harus Bisa Menahan Diri. Kalau Terjadi Gesekan, Petugas Akan Bertindak !”

SURABAYA – HKNews.info : Lebih dua minggu anggota kepolisian dari Polsek Karangpilang, dalam jajaran Polrestabes Surabaya, disiagakan setiap hari di lokasi unjuk rasa pekerja, di PT Platinum Ceramics Industry, Jalan Karangpilang Barat 201, Surabaya.

Ada 25 personil yang disiagakan. Namun Kapolsek Karangpilang, Kompol Noerijanto, menegaskan, “Kalau ada kegiatan yang kita pandang rawan, personil yang siap disiagakan bisa sebanyak 100 orang, didatangkan dari Polrestabes (satuan yang lebih atas) !” Menurutnya, Polrestabes Surabaya pun sudah menyiagakan personil cadangan untuk bisa segera digeser ke lokasi, apabila terjadi sesuatu yang tidak diharapkan.

Setiap hari ia melaporkan ke satuan atas terkait kegiatan yang ada di wilayahnya. “Itu sudah rutin bagi kami, apa pun juga harus dilaporkan,” tegasnya.

Diakui Kompol Noerijanto, diantara kedua pihak (pekerja dan perusahaan) sudah dilakukan penandatangan kesepakatan bersama di kantor Disnaker (Dinas Tenaga Kerja) Kota Surabaya, dengan disaksikan kepala dinas, agar permasalahan tidak berkepanjangan.

Disnaker kota dan propinsi sudah memberikan atensi ke permasalahan ini tetapi dari pihak perusahaan maupun dari pihak serikat pekerja ini masih tarik – ulur, belum ada titik temu. Mudah – mudahan dengan adanya kesepakatan yang sudah dibuat itu ada percepatan untuk penyelesaian antara kedua belah pihak, sehingga karyawan bisa dipekerjakan kembali dan perusahaan bisa menjalankan aktifitasnya secara normal, sehingga tidak ada lagi ancaman kamtibmas bagi masyarakat dan pengguna jalan.

“Sebetulnya tanggal 17 (Senin 17 September 2018) kemarin itu karyawan bisa bekerja kembali, tapi ternyata kok masih ada tarik – ulur diantara pekerja maupun pihak perusahaan,” ucapnya. Harusnya dari kesepakatan yang dibuat oleh perusahaan dengan serikat pekerja atau yang mewakili semua karyawan, kondisi sudah normal kembali. Tapi kenyataannya…..

Kompol Noerijanto mengkhawatirkan dengan banyaknya orang, dari pihak pekerja maupun pihak perusahaan, yang berada di seputaran jalan Karangpilang Barat 201, mereka duduk – duduk, berkumpul, hingga berpotensi ancaman kerawanan berupa tindak pidana atau terganggunya kelancaran lalu – lintas.

Faktanya kan seperti itu, semua orang bisa melihat sendiri, perusahaan menyiagakan puluhan personil memakai pakaian bertuliskan “Security” di depan pabrik, seolah tak percaya dengan pengamanan yang dilakukan oleh petugas kepolisian setempat. Memang itu kepentingan perusahaan.

“Yang pasti saya berharap mereka bisa menahan diri, termasuk karyawan juga demikian. Saya wanti – wanti semua harus bisa menahan diri sehingga tidak terjadi gesekan diantara mereka,” pesan Kompol Noerijanto.

“Saya sudah sampaikan, kalau terjadi hal – hal di luar itu yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat, ya saya akan bertindak, saya akan amankan dan proses sesuai jalur hukum yang berlaku !” tegasnya. (yok)

Related posts